V. Rahasia Menakjubkan

Agustus 16, 2009 at 1:53 pm 2 komentar

ahdi rosyi ahya

V. Rahasia menakjubkan mengubah respon negative menjadi respon positif

Terbentuknya sikap mental tertentu pada diri seseorang (merespon positif atau negative) merupakan hasil kerja pikiran. Jadi kondisi mental seseorang itu sebenarnya tergantung dari pola pikirnya. Untuk merubahnya dapat dilakukan dengan cara belajar dan berusaha memperbaiki kesalahan atau kegagalan secara mental yaitu memperbaiki cara berpikir seseorang dalam mensikapi suatu hambatan selama menjalani proses sampai berhasil mewujudkan apa yang menjadi cita-cita atau harapannya.

Ketika seseorang mengalami hambatan dalam mewujudkan harapan atau cita-cita, ia dapat memilih mana yang ia anggap lebih baik menjadi focus kehidupan, berpikir akan menyerah atau berpikir akan kesuksesan. Memikirkan apa yang tidak diinginkan atau memikirkan apa yang memang kita inginkan. Jadi apa yang dapat kita ubah adalah cara berpikir dan utuk mengubah pemikiran yang telah terkondisi dapat dilakukan dengan mempengaruhi pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar mampu mengontrol tindakan secara otomatis. Pikiran bawah sadar tidak memiliki mekanisme untuk mengenal mana yang nyata dan mana yang tidak nyata.

Kondisi itulah yang bisa dimanfaatkan, karena kita dapat mengelabui pikiran bawah sadar untuk melakukan hal apapun yang bermanfaat bagi kita. Seseorang dapat menghapus pesan-pesan negative yang sudah terlanjur terprogram dalam diri dengan membangun citra diri positif. Perhatikan lagi seberapa baik dialog internal atau komunikasi kita dengan diri sendiri, bagaimana kita berbicara kepada diri sendiri (self talk) dan mengirimkan pesan-pesan kepada diri kita. Jika pikiran sadar mengirim pesan pada pikiran bawah sadar bahwa diri kita adalah orang yang tidak mampu berprestasi, maka kita boleh yakin bahwa kita tidak akan pernah memperoleh apa saja yang berarti dalam hidup kita.

Pikiran bawah sadar akan menggerakan atau menstimulasi perilaku kita untuk bereaksi sesuai pesan yang diterima. Setiap kali seseorang menerima komentar negative, kemudian diserap oleh pikiran dan menjadi pemikiran yang berulang, maka pemikiran tersebut menjadi semakin kuat menguasai pikiran seseorang. Akibatnya, ada kemungkinan besar bahwa perilaku seseorang akan mulai mencerminkan hal serupa dengan masukan yang ia terima dari pemikirannya. Akan sangat membantu jika kita mulai memperhatikan pemikiran dan mengembangkannya menjadi sikap yang lebih positif.

About these ads

Entry filed under: Psikologi. Tags: .

IV. Panduan dalam bersikap ketika manghadapi hambatan Cara Memprogram Pikiran Bawah Sadar

2 Komentar Add your own

  • 1. cepi  |  April 25, 2010 pukul 3:27 pm

    Terima kasih atas informasinya.

    Saya akan belajar kembali memprogram pikiran bawah sadar saya. mudah-mudahan berhasil.

    Dengan terus berlatih, saya yakin, saya mampu memprogram bawah sadar dengan tujuan-tujuan saya pribadi.

    Saya menginginkan apa-apa yang menjadi tujuan saya itu menjadi kenyataan berkat kemampuan bawah sadar. amin

    Balas
  • 2. rahmadona  |  April 25, 2010 pukul 8:23 pm

    sama2 mas cepi. ya kita memang perlu melatih memprogram pikiran bwh sdr kita utk tujuan2 positif yg ingin kita capai. seringlah membuat penegasan personal dg memberi masukan2 positif ke dlm pkiran kita. semoga berhasil.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
« Jul   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: