Psikoterapi

bunga_matahari_thinkstock_392
Pribadi ideal dan berkualitas sangat tergantung oleh keseimbangan ketiga aspek dalam diri seseorang. Disebutkan dalam buku ‘Model Manusia Muslim’ (kumpulan ceramah pengembangan diri) yang ditulis oleh H.M. Anis Matta, Lc. bahwa seseorang bisa sukses dibidang apapun yang ia tekuni ketika ia mampu mengembangkan dan menyeimbangkan ketiga kualitas dasar dalam dirinya. Ketiga kemampuan dasar tersebut adalah akal, hati dan fisik.

Sedangkan Tiga hal mendasar yang akan mempercantik kepribadian seorang perempuan, menurut Mien R. Uno (presiden direktur lembaga pendidikan duta bangsa): yaitu perilaku, wawasan, dan penampilan fisik. First impression (kesan pertama) tercermin pada saat kita bertemu dengan seseorang. Kesan pertama mempengaruhi penilaian kita terhadap seseorang. Saat pertama kali bertemu, umumnya kesan pertama fisiklah yang lebih dulu tertangkap oleh penglihatan. Namun kesan fisik tersebut menjadi tidak berarti jika tidak ditunjang oleh perilaku (kepribadian) yang baik. Dominasi keberadaan seorang perempuan dalam menjalankan perannya lebih banyak ditentukan oleh kepribadian (perilakunya).

Kemampuan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri dan merawat kecantikan ruhiyah (emosional,spiritual,intelektual) akan menampilkan pesona lahir batin setiap perempuan. Sah-sah saja apabila perempuan ingin selalu tampil cantik, tapi cantik seperti apa? Apakah cantik secara fisik saja atau cantik batin saja? Tentu keduanya..karena cantik lahir batin akan membuat seseorang lebih bahagia.Kecantikan merupakan fitrah dan sesuatu yang melekat pada setiap perempuan. Kebesaran Allah lah yang menciptakan perempuan sebagai makhluk cantik. Kecantikan yang tidak hanya penampilan lahir tapi juga batin. Kesadaran menyeimbangkan keduanya akan mendatangkan kebahagiaan.

Tanpa dandan berlebihan (tabarruj) setiap perempuan tetap bisa tampil cantik kok! Lagipula tidak hanya polesan make up yang bisa membuat seorang perempuan terlihat cantik dan memiliki daya tarik. Kecantikan dari dalam (inner beauty) lebih mampu memancarkan pesona dan daya tarik lebih kuat daripada berlapis-lapis make up. Keseimbangan lahir dan batin pada diri seseorang, mampu memancarkan kecantikan alami (beauty balance). Tidak hanya penampilan wajah yang perlu diperhatikan, kepribadian juga tentunya. Seorang perempuan dapat memancarkan kecantikan dari kepribadiannya (beauty personality), sehingga penampilannya terlihat lebih menarik dan tampil sebagai sosok yang mempesona.

Katakanlah, siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah Dia keluarkan untuk hamba-hamba-Nya dan juga rezeki yang baik.” (Q>S> Al-A’raf: 32).

Menjaga penampilan dan merawat diri, jika didasari oleh niat juga cara yang benar dapat bernilai ibadah. Niat untuk menjaga kerapian dan kebersihan diri tanpa berlebih-lebihan (tabarruj) dalam berhias atau berdandan sesuai dengan yang diajarkan Islam. Karena Islam, agama yang mengajarkan umatnya agar berpenampilan rapi dan bersih. Seorang muslimah yang sadar akan agamanya sangat memperhatikan penampilannya, mengutamakan kesederhanaan dan keseimbangan dalam segala hal, tanpa harus bertabarruj. Demikian pula dalam hal pemakaian kosmetik dan produk perawatan diri, mempercantik diri untuk menjaga penampilan (kebersihan, kesehatan, dan kerapian). Bukan untuk tabarruj (mempercantik diri/dandan berlebihan dengan tujuan menarik perhatian lawan jenis).

Seorang perempuan istimewa, ketika ia berada pada level kearifan. Karena itu membuatnya memiliki ketangguhan mental mengahadapi himpitan masalah. Meskipun dalam tekanan, ia mampu memetakan permasalahan dan pada akhirnya menemukan cara untuk melewatinya.Setiap perempuan istimewa ketika ia memunculkan potensi untuk membimbing dirinya memahami, mensikapi, dan menyelesaikan masalah yang ada. Inilah prestasi sesungguhnya bagi seorang perempuan. Ya karena setiap perempuan istimewa!

Setiap wanita di dunia ini sudah memiliki modal cantik. Yang mereka perlukan adalah ilmu cara merawat kecantikan agar semakin bersinar.

Berikut ini adalah cara merawat kecantikan, yaitu:

1. Bersyukur

Hal terpenting yang harus dimiliki setiap wanita. Rasa syukur akan membuat seorang wanita memancarkan aura kecantikannya dari dalam. Bersyukurlah karena Tuhan telah menciptakan kita dengan sempurna. Yakinlah, bahwa kita cantik, meski bukan yang tercantik.

2. Percaya diri

Bila kita selalu menganggap kurang dan kurang, hal itu akan mempengaruhi rasa percaya diri kita. Alangkah baiknya bila kita bersyukur, karena hal tersebut akan memupuk rasa percaya diri.

Bila kita sendiri sudah tak bisa lagi menghargai diri dengan selalu menganggap kurang dan kurang, bagaimana dengan orang lain? Oleh sebab itu, cintai diri sendiri dan percayalah bahwa kita cantik.

3. Cerdas

Kecerdasan akan membuat wanita menjadi lebih menarik dibandingkan dengan yang tidak cerdas. Wanita yang rajin membaca akan terlihat lebih bersinar. Cantik bukan hanya didukung oleh penampilan fisik yang oke, namun juga pengetahuan yang luas.

4. Sabar

Sabar akan membuat hati kita tenang. Sabar bukan berarti pasif. Sabar ialah percaya akan proses. Bahwa segala sesuatu tak ada yang instan dan pasti membutuhkan proses. Sabar akan membuat hati kita nyaman dan tenang. Pada akhirnya akan membuat diri kita semakin cantik.

Dengan begitu, kecantikan bukan sekadar pemandangan indah yang segar di pandang mata namun juga sesuatu yang bisa menenangkan hati dan menginspirasi.

#Ada cara mudah untuk membentuk pribadi yang penuh rasa syukur dan menerima diri apa adanya serta melepaskan stres dan segala beban berat yang mengganggu didalam pikiran dan hati Anda, sehingga melepaskan kesesakan batin, hidup terasa lebih ringan, lebih sehat, lebih positif dan bahagia (memunculkan good feeling). Anda akan semakin bersinar dan pribadi yang menyenangkan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari diri Anda. Bersiaplah untuk menjadi semakin ideal!!!

Saya menggabungkan terapi psikologi praktis EFT (Emotional Freedom Technique)+brainwaves music therapy dengan terapi estetika (facial & foot care) menjadi satu treatment psikoterapi: relaxing therapy yg sangat bermanfaat bagi para perempuan untuk menyelaraskan pikiran, perasaan, & tindakan ketika mengalami kelelahan, stres, ketegangan, maupun kecemasan dlm menjalani aktivitas/rutinitas hidup beserta problematikanya. Nikmati relaxing therapy & rasakan manfaatnya bagi kesegaran serta kenyamanan relaksasi tubuh (body), pikiran (mind), & jiwa (soul) anda….

Psikoterapi: Relaxing therapy (Rp.150.000/90 menit)
waktu terapi senin-jum’at (jam 10.00-12.00 wita)
Rahmadona Fitria, S.Psi. (081521971819/pin bb. 7C96A687)
Konsultan Psikologi
Kantor MITRA Solusi:
Jl. A. Yani Km. 31
Komplek chandra Utama No.C-5
Guntung Manggis, Banjarbaru, Kal-Sel

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: