Jilbab Pakaian Muslimah

Agustus 5, 2007 at 1:45 pm 9 komentar

Oleh : Rahmadona Fitria*

(Dimuat di Harian Umum Radar Banjarmasin, 30 Juni 2007)

Trend berjilbab makin ramai didukung produk-produk jilbab bermerk. Bagi yang tidak sanggup membeli jilbab bermerek tetap bisa gaya dengan jilbab yang murah, tapi modelnya juga beragam. Apakah kita patut berbangga dengan trend berjilbab?.

Harap dicatat, sebagian muslimah menggunakan jilbab karena kesadaran akan ajaran agama. Ada yang karena ikut-ikutan. Ikut-ikutan karena kalau tidak berjilbab berarti tidak gaul. Berjilbab karena jilbab sekarang lagi ngetrend, kalau tidak berjilbab tidak keren. Apalagi, kini banyak artis yang berjilbab. Berjilbab ternyata penampilan tetap cantik dan modis. Tetapi tentu saja, perbedaan alasan ber jilbab tidak bisa dilihat dari penampilannya.????

Masalahnya adalah muslimah yang berjilbab karena ikut-ikutan tingkah lakunya kadang bikin gerah. Apakah mereka menganggap jilbab sama dengan jepit rambut atau topi yang hanya berfungsi sebagai hiasan atau pemanis penampilan? Apakah menganggap jilbab sama dengan helm yang hanya sebagai pelindung tubuh? Apakah karena trend mode? Atau, mengapa jilbab hanya dikenakan ketika kepasar atau bepergian???

Mengenakan jilbab adalah kewajiban agama, aturan Allah SWT kepada muslimah. Lalu mengapa banyak wanita bukan memahami esensinya, atau tidak takut? jika sewaktu-waktu wajah cantik dan tubuh indah yang dipamerkan bisa menjadi sumber bencana? Wahai saudariku mari perbaiki sikap sebelum terlambat.

Mengenakan jilbab tentu saja baik, tapi sebaiknya tidak sekedar ikut-ikutan saja dan menjadi korban mode. Ikut-ikutan trend berjilbab boleh saja tapi, tetapi harus disertai pemahaman. Ibarat pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Jadilah muslimah berjilbab karena kesadaran menaati perintah Allah SWT, sang pencipta manusia. Aturan berjilbab demi kebaikan, karena kasih sayang Allah SWT dan untuk melindungi kehormatan kaum wanita dari kaum laki-laki yang lemah imannya, serta untuk membedakan wanita muslim dengan wanita bukan muslim. Jadi, mengumbar aurat dengan memamerkan keindahan tubuh sama saja menggoda lelaki yang lemah imannya. Selain berdosa juga mengundang malapetaka.

Merebaknya trend berjilbab akan membawa dampak positif jika diimbangi juga dengan maraknya pengetahuan mengenai tujuan berjilbab menurut ajaran agama. Berjilbab dengan tujuan yang benar, yaitu untuk menutup aurat. Menutup aurat tidak sekedar ketika bepergian saja, karena aurat haram hukumnya apabila dilihat oleh orang yang bukan muhrimnya.
Jadi, jilbab bukanlah asesoris. Bagi muslimah yang mengenakan jilbab seyogiaynya karena kesadaran keagamaan.

Bukankah sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah, bukan perhiasan-perhiasan lain yang sekedar berfungsi sebagai pelengkap atau pemanis penampilan? Semoga saja.

*Research Associate bidang Pengembangan Anak dan anggota Komunitas Penulis EWAM’Co.

Entry filed under: Muslimah. Tags: .

Born to Write My Little Rosyida

9 Komentar Add your own

  • 1. Ahmad Nur Irsan Finazli  |  Agustus 7, 2007 pukul 12:38 am

    Mantap banar tampilan web nya, anggun.
    Jilbab trendi asal nyar’i alias sesuai syar’i.

    Balas
  • 2. Irsan Finazli  |  Agustus 8, 2007 pukul 12:56 pm

    Yes..sepakat.

    Balas
  • 3. Irsan Finazli  |  Agustus 8, 2007 pukul 12:57 pm

    Oke…

    Balas
  • 4. Ersis Warmansyah Abbas  |  Agustus 24, 2007 pukul 4:57 pm

    Y di up date dong

    Balas
  • 5. kurniawan  |  September 9, 2007 pukul 2:59 am

    mungkin awalnya cuma ‘ikut2an’ trend saja. selanjutnya gimana caranya biar terarah dengan baik.
    justru yg seperti ini yg harusnya jadi sasaran dakwah.
    ibaratnya ‘ladangnya dah ada, sekarang tinggal ngurusnya’

    Balas
  • 6. ichal  |  September 9, 2007 pukul 3:11 am

    makasih dah mampir ke blog aku!!!
    sepp deh tulisannya, emang si skrg banyak yang cuma pengen ikut2an bahkan ada yg cuma topeng. semoga ntar gak ada lagi yg pake jilbab sebagai topeng, amiin, sekalian minta maaf lahir bathin,, marhaban ya ramadhan.

    Balas
  • 7. yanti  |  April 13, 2008 pukul 8:14 am

    Assalaamu’alaikum wr wb..
    Bagus uraiannya…
    Boleh ikut nimbrug?
    saya punya cerita sendiri tentang ini baca ya di
    http://maaini.wordpress.com/2008/04/11/seragam-jilbab/

    Jazakillah kh kn

    Balas
  • 8. gamis murah  |  Februari 26, 2011 pukul 9:11 pm

    thx infonya sangat membantu
    GAMIS MURAH

    Balas
    • 9. rahmadona  |  Februari 27, 2011 pukul 8:09 am

      sama-sama:) senang bisa membantu…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Agustus 2007
S S R K J S M
    Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: