Belajarku Dari Menulis

Januari 9, 2008 at 7:20 am Tinggalkan komentar

Oleh : Rahmadona Fitria*

Tidak pernah kusangka, aku belajar banyak dari aktivitas menulisku. Berawal dari ‘menceburkan diri’ dengan tulisan-tulisan bertema pendidikan anak. Ternyata justru membuatku ‘terlanjur basah’ dan benar-benar jadi jatuh cinta lagi pada dunia anak. Pandangan terhadap anak pun berubah, mereka bukan sekedar manusia mini yang perlu didampingi tapi menurut Rasulullah Saw seandainya kita mampu melihat rahasia dibalik balutan tubuh kecilnya, maka kita akan menyadari kalau mereka adalah calon pemimpin umat, pembela agama Allah Swt pada zaman yang diperuntukkan bagi mereka. Bahkan masa depan kita diakhirat juga ditentukan dari bagaimana kita mendidik mereka dan apakah mereka sudah menjadi generasi seperti yang diinginkan oleh Allah Swt.

Akhirnya aku menyadari bahwa ini adalah peran dan tugas seorang perempuan seumur hidup hingga ajal menjemput. Aku mulai belajar ber-empati terhadap kesulitan yang mereka hadapi dan peduli terhadap kebutuhan mereka dalam hal pendidikan. Aku ingin memberikan yang terbaik dan mendidik mereka seperti yang diinginkan sang penguasa diri setiap manusia, Allah Swt. Insya Allah !

Nilai-nilai yang kuperoleh dari bacaan dan tulisanku mempengaruhi perasaanku. Aku mulai belajar menata emosi supaya ketika marah tidak sekedar menumpahkan kekesalan pada anak tapi mengandung muatan yang menunjukkan apa sebaiknya mereka lakukan untuk meluruskan kesalahan perilakunya. Aku mulai belajar memahami, aktivitas mendidik memerlukan adanya sentuhan jiwa.

Itulah kiranya jawaban mengapa seorang ibu dikatakan sebagai ruh dalam keluarga, ketika ia memiliki jiwa pendidik. Jika seorang ibu memiliki jiwa pendidik, ia akan bertanggung jawab penuh dalam menjalankan perannya, lebih baik daripada para guru disekolah manapun. Aktivitas menulisku kini tidak sekedar sebagai identitas dan aktualisasi diri tapi juga mendukung tugas utama dalam mendampingi masa tumbuh kembang dan aktivitas mendidik anak-anakku tercinta. Insya Allah!***

Entry filed under: Menulis. Tags: .

Homeschooling Dan Al Ummu Madrasatun Buat Apa Belajar ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: