Dance With My Dream

Maret 4, 2008 at 2:33 pm 7 komentar

(Pemenang Juara Harapan 3 Lomba Menulis “Pengalaman Menulis” yang diselenggarakan oleh http://www.menulismudah.com)
Oleh : Rahmadona Fitria

BANYAK alasan yang mendorong saya untuk menulis. Alasan pertama adalah karena I was born to write. Sejak kecil saya sudah di didik untuk menyukai dunia membaca dan menulis. Ibu saya biasa membacakan buku cerita para nabi atau majalah anak-anak Ananda ketika menjelang tidur. Kebiasaan ini dengan sendirinya menyertai ketertarikan saya pada dunia tulis menulis. Dengan membaca saya menyukai permainan kata dan indahnya merangkai kata. Sehingga akhirnya tertuang dalam tulisan.

Ketertarikan itu bertambah kuat dengan penemuan pertama berupa sebuah buku catatan harian milik ibu saya. Ibu memperbolehkan saya untuk membaca dan memilikinya. Buku tersebut berisi catatan kata-kata mutiara, syair lagu, puisi dan catatan harian ibu saya tentang nilai-nilai kehidupan. Penemuan ini sungguh berkesan mendalam pada diri saya. Sekaligus semacam sinyal pesan dari ibu saya bahwa ia juga menginginkan anak-anaknya menyukai dunia baca dan tulis. Alhamdulillah, sekarang saya tergabung dalam sebuah komunitas penulis dan abang saya adalah seorang pemusik dan pengarang lagu.

Kesenangan dalam bermain kata dan merangkai kata semasa kecil tersalurkan melalui media surat menyurat. Pada masa-masa sekolah masih saling tukar menukar biodata yang di tuliskan pada buku kecil bergambar dan berwarna-warni juga merupakan sarana tersalurkannya kesenangan saya terhadap tulis menulis pada masa kecil. Ketika beranjak remaja kegemaran akan menulis tertuang dalam catatan harian.

Saya pun mulai tertarik menulis puisi. Bahasa puisi membuat saya merasa bebas mengungkapkan segala yang saya rasakan baik itu sedih, senang dan cinta. Sayangnya bukti-bukti sejarah masa lalu itu telah terkubur tanpa sisa ketika saya memasuki gerbang kehidupan berumah tangga. Maksud hati mengubur masa lalu dan membuka lembaran baru, tapi kenyataannya justru sempat ‘memati-surikan’ potensi menulis diri. Biarlah, yang sudah terjadi biarlah berlalu.

Hingga suatu ketika suami memberi motivasi untuk kembali memanfaatkan potensi menulis saya dengan membuat tulisan dalam bentuk buletin dalam program Kuliah Kerja Nyatanya (KKN). Demikianlah aktivitas menulis saya saat itu yang timbul tenggelam. Sampai akhirnya ketentuan Allah SWT berlaku atas diri saya.

Terdamparlah saya dalam sebuah komunitas penulis yang membawa banyak perubahan berarti dalam aktivitas menulis saya. Berkat bimbingan seorang bapak motivator sekaligus penulis senior yang produktif dalam aktivitas menulisnya, mengantarkan saya setahap demi setahap meraih mimpi menjadi kenyataan. Suami tercinta banyak memberikan dukungan dalam aktivitas menulis saya. Inilah alasan kedua mengapa saya menulis, karena cinta dan  dukungan dari orang-orang yang saya kasihi.

Alasan lainnya adalah alasan yang paling utama, yaitu ingin mengikuti jejak Rasulullah SAW dan para ulama besar. Menulis sebagai sarana dakwah dan beramal sholeh. Allah SWT sangat menghargai dunia tulis menulis, penghargaan tersebut terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Qalam ayat 1 yang artinya: Nuun. Demi qalam (pena) dan apa yang mereka tulis. Saya juga terkesan dengan apa yang di katakan salah seorang ulama besar sekaligus penulis Imam Hasan Al Banna bahwa seorang muslim haruslah sama baiknya dalam hal membaca dan menulis.

Saya sangat menikmati aktivitas menulis saya saat ini. Rasanya hidup menjadi lebih hidup dengan menulis. Saya menulis karena saya senang menulis. Aktivitas menulis merupakan karunia yang sangat saya syukuri. Saya suka mengibaratkan aktivitas menulis seperti berkencan dan menari dengan impian, tahap demi tahap impianku menjadi kenyataan. Menulis adalah identitas diri dan aktualisasi diri bagi saya. Dengan menulis semua mimpi dapat terwujud, Insya Allah.***

Entry filed under: Menulis. Tags: .

Fatimah Binti Muhammad Airmata Dan Pelukan

7 Komentar Add your own

  • 1. Landy  |  Maret 4, 2008 pukul 10:24 pm

    Selamat ya mbak dah menang, kapan neh makan-makannya?

    ***Ma kasih, wah makan2xnya dah lewat tuh,he..he***

    Balas
  • 2. az&fa  |  Maret 5, 2008 pukul 8:10 am

    selamat…..
    selamat menulis lebih banyak lagi dan memberi banyak manfaat…:)

    ***Amin, InsyaAllah. Ma kasih ‘n salam kenal.***

    Balas
  • 3. irsanfinazli  |  Maret 5, 2008 pukul 10:46 pm

    Selamat ya, saya tunggu undangan syukurannya…

    Balas
  • 4. funkshit  |  Maret 8, 2008 pukul 9:46 am

    biasanya nulis soal apa seh..
    klo nulis2 yang berguna yah
    *jangan kaya saya

    Balas
  • 5. IndahJuli  |  Maret 10, 2008 pukul 8:59 am

    salam kenal, makasih sudah berkunjung ke rumah kami yang tidak bagus itu🙂
    ikut komunitas menulis dimana mbak ?
    saya di penulislepas.

    Balas
  • 6. linda  |  Maret 10, 2008 pukul 9:45 am

    amin amin Allahumma amin🙂

    Balas
  • 7. taufik  |  Maret 17, 2008 pukul 1:23 pm

    salam kenal aja mba

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: