IV. Panduan dalam bersikap ketika manghadapi hambatan

Agustus 4, 2009 at 6:15 am 2 komentar

Mental Sang JUara, Ahya

Oleh : Rahmadona Fitria
Ada saat-saat dalam kehidupan dimana seseorang dihadapkan pada keadaan yang tidak menyenangkan dan harus diterima. Maka sikap yang harus dipilih adalah mengubah cara pandang kita. Kita dapat belajar dari sikap mental sang juara sejati ketika menghadapi kegagalan. (ini terdapat dalam buku motivasi born to fight) Ada 5 sikap yang bisa diterapkan yang disingkat menjadi kata JUARA. Jatuh bukan akhir segalanya.

Semua orang sukses pernah gagal sebelumnya, jadi kegagalan bagian dari proses menuju sukses. Ubah hambatan jadi peluang. Ambil hikmah dibalik kegagalan, jadikan sebagai pelajaran berharga untuk menyusun strategi perjuangan berikutnya. Arahkan hati dan pikiran pada pengharapan positif. Himpun energi positif dengan tetap optimis dalam mencapai keberhasilan. Raih kemenangan dengan sportif. Sukses dengan cara cerdas dan bersih. Kreativitas dan kemampuan berinovasi merupakan komponen utama dalam memenangkan persaingan. Ajaklah team untuk maju bersama. Bangun tim yang handal. Prinsipnya adalah sukses dan menyukseskan.

Peluang bukanlah sesuatu yang menuggu untuk kita temukan tetapi keadaan yang tercipta dari cara kita merespon setiap peristiwa dalam kehidupan. Kreativitas bisa melahirkan peluang, demikian juga keyakinan, semangat, mampu melihat sisi positif dalam setiap kejadian, mempunyai motivasi tinggi, berani mencoba, pantang menyerah, jika seseorang mampu mengolah ini semua ketika mengalami hambatan maka tinggal tekan tombol action nya pintu peluang akan terbuka lebar baginya. Kemudian manfaatkan setiap peluang sekecil apapun, karena untuk sampai pada puncak keberhasilan yang ingin dicapai kita perlu meniti tangga yang paling bawah dan memulai dari hal-hal kecil.
Bicara mengenai kreatif sebenarnya bukanlah perkara yang hanya bisa dimiliki oleh mereka yang hebat.

Kita tidak harus menjadi seorang penemu sesuatu yang baru untuk dikatakan sebagai orang kreatif. Menjadi seorang yang kreatif tidaklah sulit, dengan kemauan untuk belajar, seseorang dapat menjadi kreatif, banyak jalur menuju proses kreatif. Menjadi kreatif bisa dipelajari, untuk mengembangkan pola pikir kreatif tidak boleh dihambat dengan batasan-batasan yang akan mematikan semangat.

Ada beberapa jalur menuju proses kreatif :
1. Berlatihlah berpikir kreatif secara spontanitas, caranya; segera catat ide-ide yang muncul secara spontan.

2. Jangan serang gagasan yang baru saja muncul walaupun tampak tidak masuk akal, seringkali gagasan kreatif justru muncul secara spontan.

3. Ekspresikan secara bebas semua gagasan yang berkecamuk dalam benak, jangan terhalang oleh tekanan berbagai pendapat dari lingkungan. 4. Biasakan diri memecahkan suatu permasalahan dengan banyak cara atau alternative Solusi.

Dari sini akan terbuka jalan untuk memberdayakan sarana kreativitas yang akan mengantarkan seseorang mendapatkan berbagai peluang.

Entry filed under: Psikologi. Tags: .

III. pentingnya mensikapi hambatan secara positif V. Rahasia Menakjubkan

2 Komentar Add your own

  • 1. Ahmad  |  Agustus 4, 2009 pukul 6:18 am

    Haram menyerah, waja sampai kaputing… Lanjutkan..!

    Balas
  • 2. dargis  |  Desember 6, 2009 pukul 8:41 am

    menuju proses kreatif terkadang sulit untuk dilakukan apabila semesta (lingkungan) tidak menunjang kita untuk berbuat itu. lingkungan yang pasif juga terkadang mematikan langkah kita menuju ke proses kreatif. So, what can i do?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Agustus 2009
S S R K J S M
« Jul   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: