Merancang Keberhasilan Dengan Kekuatan Pikiran

April 21, 2010 at 10:10 am Tinggalkan komentar

Tahukah Anda ? Ternyata titik yang paling mengakar dalam kepribadian seseorang ada pada pikirannya. Artinya ketika seseorang ingin melakukan suatu perubahan, ia perlu terlebih dahulu melakukan perubahan secara mendasar. yaitu dengan melakukan perubahan pada cara berpikirnya. Demikian pula ketika seseorang ingin melakukan perubahan dalam kehidupannya, baik itu perubahan perilaku ataupun perubahan nasib dan lain sebagainya.
Seseorang dapat mencapai perubahan sesuai dengan apa yang ia inginkan apabila sebelumnya ia mendisain terlebih dahulu kesuksesan, keberhasilan, atau prestasi tersebut dalam pikirannya. Seseorang perlu merekam capaian prestasi atau kesuksesan yang ingin ia raih dalam imajinasinya. Sebagaimana desain sebuah rumah pertama kali tercipta dalam imajinasi seorang arsitek.
Jadi berdirinya bangunan sebuah rumah diawali dari proses berpikirnya seorang arsitek, proses memvisualisasikan atau membayangkan desain rumah yang akan dibangun. Berupa khayalan-khayalan tentang desain sebuah rumah yang perlahan-lahan terbentuk secara penuh dalam pikiran si arsitek. Kemudian dilanjutkan dengan proses tindakan mewujudkan gambaran-gambaran desain rumah dalam pikiran secara nyata.
Hasilnya bentuk bangunan rumah yang tadinya masih berupa gambaran yang ada dalam pikiran sang arsitek mulai bisa dilihat & dinikmati bangunan fisiknya dalam dunia nyata. Begitu pula kenyataan hidup manusia pertama kali tercipta dalam imajinasinya. Sebuah bangunan keberhasilan hidup tidak akan pernah bisa diraih jika tidak ada rekaman sebelumnya dalam pikiran kita.
Ini pula aspek pertama yang diajarkan oleh Islam: Iqra bismirrobikalladzi kholaq (bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan). Sebuah catatan sejarah yang mengagumkan & membuat kita semua terpesona, ketika satu persatu manusia yang ada disekitar Rasulullah saw berubah. Perubahan besar yang terjadi dalam kepribadian mereka setelah tersentuh oleh Islam.
Perubahan dalam cara berpikir mereka tentang Tuhan, tentang diri mereka sebagai manusia, & tentang misi kehidupan mereka di dunia. Mereka adalah manusia-manusia yang memilki rancangan atau perencanaan dalam hidupnya. Sehingga kemudian mengejutkan dunia ketika mereka memenuhi jazirah Arab dan telah menjadi manusia-manusia yang siap memimpin dunia. Subhanallah!
Jadi kunci keberhasilan kita terletak pada perencanaan yang berawal dari pikiran kita. Selamat mendesain keberhasilan, innallaha ma ‘ana.

Sumber : Buku “Model Manusia Muslim” (kumpulan ceramah pengembangan diri) Penulis : Anis matta, Lc.

Entry filed under: Psikologi. Tags: .

Kiat Praktis Sukses Membina (di Halaqah) Kartini Adalah Muslimah Da’iyyah Pada Zamannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2010
S S R K J S M
« Feb   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: