Be A Better Muslimah

Februari 5, 2011 at 5:37 am Tinggalkan komentar

(Kelas kepribadian)

Pribadi ideal dan berkualitas sangat tergantung oleh keseimbangan ketiga aspek dalam diri seseorang. Disebutkan dalam buku ‘Model Manusia Muslim’ (kumpulan ceramah pengembangan diri) yang ditulis oleh H.M. Anis Matta, Lc. bahwa seseorang bisa sukses dibidang apapun yang ia tekuni ketika ia mampu mengembangkan dan menyeimbangkan ketiga kualitas dasar dalam dirinya. Ketiga kemampuan dasar tersebut adalah akal, hati dan fisik.

Seringkali kita melihat satu aspek saja yang lebih dominan pada diri seorang perempuan. Apakah karena dia memang cenderung untuk memperhatikan satu aspek saja dalam dirinya yang dengan sengaja ingin ditunjukkan dan ditingkatkan atau memang sudah terbentuk demikian tanpa dia menyadarinya ?

Kalau begitu pengetahuan bahwa dalam diri setiap perempuan itu terdiri dari tiga aspek yang saling menunjang satu sama lain dan perlu diperhatikan sekaligus ditingkatkan kualitas ketiganya, menjadi berharga. Pengetahuan tentang kekurangan seseorang itu ada yang bisa diperbaiki ada yang tidak dan membutuhkan kerelaan untuk menerima apa adanya, juga penting.

Ada yang lebih penting lagi yaitu memelihara semangat untuk terus menerus memperbaiki diri dalam ketiga aspek tadi. Seorang perempuan tidak bisa hanya mengandalkan keaktifannya dalam beraktivitas positif sebagai nilai lebih atau keunggulan pribadinya, atau hanya mengandalkan kecerdasannya saja atau hanya mengandalkan penampilan fisiknya saja. Satu dengan lainnya mesti bisa saling menunjang.

Apalagi bagi seorang muslimah tidak bisa hanya memprioritaskan perhatian untuk menjaga kualitas pada satu sisi atau satu aspek saja dalam dirinya. Menganggap yang paling penting adalah hatinya, kemudian melupakan dan menjadi tidak peka terhadap aspek lain dalam dirinya.

Sedangkan masyarakat pada umumnya tidak hanya menilai pribadi muslimah yang bersangkutan tapi juga akan mengaitkannya dengan nilai-nilai Islam dan orang menilai Islam dari pengikutnya. Padahal para muslimah berupaya membangun ‘image’ yang bagus tentang Islam. Dan bangunan itu hanya akan tegak berdiri ketika para muslimah mampu melatih diri terus menerus memperbaiki diri untuk menampilkan terjaganya ketiga aspek tersebut dalam dirinya.

Kesadaran untuk mengajak orang lain kepada kebaikan membuat perhatian muslimah terfokus pada obyek dakwahnya. Tanpa disadari ia tidak lagi sempat atau melupakan waktu untuk mengevaluasi dirinya. Bagaimana pun setiap manusia mempunyai kekurangan dan berpeluang untuk melakukan kesalahan akan tetapi proses menjadi hamba Allah yang lebih baik mesti terus dilakukan, meskipun tidak akan pernah bisa mencapai titik sempurna paling tidak berupaya mendekati.

Demikian pula halnya dengan kekurangan, hendaknya seorang muslimah berupaya mengusahakan agar senantiasa ada kebaikan pada dirinya untuk memberi manfaat kepada sesamanya. Lalu apa sarana kita dalam rangka memperbaiki diri menjadi hamba Allah yang lebih baik dari hari ke hari, sehingga bisa menjadi ‘model’ (contoh) atau teladan yang baik yang membawa orang lain pada kebaikan ? Inilah gunanya saling mendengar, menasihati, saling berpesan dalam kebaikan, kesabaran, kebenaran, dan ketakwaan, juga lapang dada dalam menerima masukan.

Wallahu a’lam bishawab…

Entry filed under: Salon Kepribadian. Tags: .

Beauty for Body ‘n Soul Namanya Khan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Februari 2011
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: