Konsultasi Psikologi

Maret 3, 2011 at 2:58 pm 4 komentar

Permasalahan:

Pak ustad, keadaan saya ini membingungkan. Jika melakukan sesuatu senantiasa salah. nafsu yang selalu bicara. Yang saya tahu bahwa efek-efek sehabis kejadian aja, lho kok begini? Saya bingung. Saya seperti bukan diri saya sendiri. Saya ini punya penyakit pingin selalu menjadi yang paling baik, paling sempurna, dan sombong. Saya sulit mengendalikan diri saya pak ustad. gimana pak ustad? Terima kasih…

***************

Jawaban :

Ananda Nunu, sepertinya Anda mempunyai ketidakstabilan dalam perilaku Anda. Bisa jadi Anda mempunyai sifat perfeksionis. Perfeksionis adalah suatu problem kejiwaan di mana seseorang mempunyai paham kesempurnaan (perfect).

Kelebihan dari para perfeksionis adalah mereka biasanya selalu bekerja dengan penuh totalitas dengan harapan mereka akan mendapat hasil yang diinginkan. Namun mereka akan mudah sekali kecewa jika ada ketidakberesan atau kekurangan yang boleh jadi dimata orang lain itu wajar-wajar saja.

Oleh karena itu biasanya orang yang mempunyai sifat tersebut cenderung individualistik. Ia sulit mempercayai seseorang untuk mendelegasikan tugasnya, karena menganggap orang lain tidak lebih baik tugasnya daripada dirinya. Emosi dan egoisme biasa mengiringi setiap pekerjaannya.

Alhamdulillah, Anda menyadari kekurangan Anda. Mengetahui kekurangan adalah titik awal untuk merubahnya menjadi kelebihan.

Tata kembali perilaku Anda. Kurangi ketegangan Anda dalam menghadapi sebuah masalah. Selingi lelucon-lelucon ketika Anda bergaul dengan orang lain. Tidak ada salahnya Anda membaca buku atau menyaksikan film-film bertema humor.

Terbukalah terhadap kritik, nasehat dan umpan balik yang tulus, bersedia menerima perspektif baru, mau terus belajar dan mengembangkan diri. Jangan pernah menganggap kritik dan nasehat adalah untuk merendahkan Anda tetapi sebaliknya, kritik dan nasehat merupakan cermin sekaligus “vitamin” bagi kita untuk lebih baik dalam beraktivitas.

Delegasikan tugas bila merasa tidak mampu. Jangan memaksakan diri untuk melakukan sesuatu bila memang Anda tidak sanggup untuk menyelesaikannya. Percayalah dengan kemampuan teman Anda untuk membantu tugas yang ada.

Bergabunglah dalam sebuah organisasi, perkumpulan, majelis taklim dan sebagainya untuk belajar bagaimana mengelola sesuatu secara kelompok (tim) dengan pembagian tugasnya.
Bila Ada kesempatan, ikutilah pelatihan atau training tentang kepribadian sehingga Anda dapat mengetahui dan meningkatkan kemampuan kepribadian Anda dengan tips-tips yang lebih praktis.

Lakukan refreshing secara berkala, misalnya keluar kota, hiking atau mengikuti outbond dapat menjadi salah satu sarana untuk mengurangi ketegangan diri yang ada.
Lakukanlah perubahan secara kontinyu. Berproseslah untuk terus-menerus merubah kekurangan-kekurangan yang Ada pada diri Anda dan menggantinya dengan kepribadian yang lebih baik Jangan lupa buatlah target kapan kiranya Anda berhasil mewujudkan impian Anda ini.
Semoga bermanfaat

Satria Hadi Lubis
Sumber : EraMuslim

Entry filed under: Psikologi. Tags: .

Cara Merawat Kulit yang Baik Kosmetik Halal Diperkenalkan di Inggris

4 Komentar Add your own

  • 1. fitri  |  Maret 7, 2011 pukul 1:37 pm

    Ass Pak ustad,
    maaf sebelumnya, saya ingin berkonsultasi masalah rumah tangga saya, apa boleh pak ustad???

    Balas
  • 2. rahmadona  |  Maret 18, 2011 pukul 8:52 am

    Wa’alaikumsalam.

    Mhn maaf baru buka blog. skrg sdg fokus selesaikan studi jd aktivitas di blog off sementara wkt. silahkan panggil saya ibu dona. ibu bisa konsultasi dg saya via email (rahmadona.fitria@yahoo.co.id) atau sms ke hp saya (081521971819). terima kasih.

    Balas
  • 3. nezarnebukad  |  Juli 2, 2011 pukul 12:06 pm

    bu sy mo nx.:>saya selalu mngrti apa yang orang katakan trhadap saya.tapi knp orang2 selalu tidak mngrti apa yang saya katakn… saya prnah dbwa ke tempat seorang kiai untuk dtrawang.dan stlh dtrawng diktakan kiai itu IQ saya rendah/lemot..pdhl sya selalu pham apayang diajarkan guru sy di skolah dtambh sy seorg kutu buku yg pada umumnya cerdas. krena sebab kiai itu ayah saya slalu mnganggp sya bdoh. hanya tman dkt dan kakak saya yg prnh mngtkan saya pintar..grti apa yang saya katakn… saya prnah dbwa ke tempat seorang kiai untuk dtrawang.dan stlh dtrawng diktakan kiai itu IQ saya rendah/lemot..pdhl sya selalu pham apayang diajarkan guru sy di skolah dtambh sy seorg kutu buku yg pada umumnya cerdas. krena sebab kiai itu ayah saya slalu mnganggp sya bdoh. hanya tman dkt dan kakak saya yg prnh mngtkan saya pintar..

    Balas
    • 4. rahmadona  |  Juli 2, 2011 pukul 12:49 pm

      Subhanallah, sebenarnya pengertian kecerdasan itu sangat luas.ada 8 ragam kecerdasan atau diistilahkan dengan multiple intellegence. yaitu kecerdasan matematik logic, kecerdasan linguistik (bahasa/komunikasi), kecerdasan musikal, kecerdasan natural (peka dg lingkungan alami), kecerdasan spasial (kepekaan thd bentuk bangun & variasi warna),kecerdasan intrapersonal (kecerdasan mengelola perkembangan diri sendiri), & kecerdasan antarpersonal (pandai & senang bergaul).

      Terlepas dari ragam kecerdasan diatas, yg perlu utk kita pahami adalah bahwa setiap manusia memiliki kelebihan maupun kekurangan.
      Masalahnya disini saya menangkap kebimbangan dalam hal citra diri anda tentang penilaian orang lain thdp diri anda. Sehingga kemudian mempengaruhi self image (penilaian diri) anda.

      Saran saya, trslah menanamkan sugesti positif ke dlm pikiran anda, bahwa anda adalah seorang yg cerdas dg penguatan fakta,toh anda adalah seorang kutu buku (suka baca) & sllu paham dg apa yg diajarkan guru di sekolah. Buang / abaikan pikiran bhw anda mengerti apa yg org lain katakan sdgkn org lain tdk paham dg apa yg anda katakan.

      jika msh ada yg ingin ditanyakan,bisa sms saya di 081521971819/081215749082. trm ksh, smg bisa membantu.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2011
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


