Nikmati Hidup Anda

April 13, 2011 at 6:38 pm Tinggalkan komentar

Sumber: ARIEF MAULANA.com

Hidup di zaman sekarang memang susah. Terlalu banyak masalah dalam kehidupan kita. Ngga salah kalau ada ungkapan “Hidup Adalah Sebuah Perjuangan”. Ada yang bisa survive hingga akhir hayat dan meninggalkan jejak kenangan yang indah, namun tak sedikit juga yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya lebih cepat dengan beragam alasan. Yang pasti selama kita masih hidup, selama itulah kita akan terus bertemu dengan masalah. Well, satu-satunya tempat yang bebas dari masalah hanyalah kuburan.

Mungkin Anda juga mengalami hal yang sama. Setiap hari selalu berkutat dengan masalah dan stress yang kadang memuncak dan terus di puncak seperti tidak ada habisnya. Capek? Pasti. Tenang… RSJ masih buka dan akan terus dibuka untuk orang-orang yang sudah tidak mampu lagi memanaje stress yang ada pada dirinya. Seperti Caleg yang kalah pemilu ataupun Caleg yang tiba-tiba batal duduk di parlemen karena keputusan MA.

Dulu saya juga seperti itu, hingga akhirnya ada satu nasehat ibu yang benar-benar mengubah semuanya. Satu kunci sederhana dalam memanaje stress yang suka datang tanpa diundang dan mengusik kehidupan kita. Apa itu? Nikmati hidupmu dan jalani setiap prosesnya dengan rasa syukur.

Bagaimana caranya menikmati hidup? Wah, masa saya mesti menggurui Anda soal ini. Karena saya yakin setiap orang pasti sudah tahu caranya menikmati hidup. Intinya apa yang membuat Anda senang, ya itu yang bisa bikin Anda menikmati hidup. Perbanyak saja porsi disana. Tapi kalau saya ditanya bagaimana cara menikmati hidup, ini 3 point yang biasa saya lakukan :

BERHENTI MEMPERMASALAHKAN HAL-HAL GA PENTING

Coba deh Anda merenung sejenak. Seberapa banyak hal ngga penting yang sering Anda besar-besarkan. Masalah yang semestinya bisa ditangani dengan mudah dan ringan malah menghabiskan seluruh energi Anda untuk menyelesaikannya. Kenapa? Karena Anda membesarkan hal tersebut menjadi masalah besar.

Ehm… jadi inget buku “Don’t Sweat the Small Stuff for Teens” yang pernah saya beli waktu SMA dulu, karangannya Richard Carlson, Ph.D. Cuma yang dibahas disana masalah-masalah sepelenya remaja yang suka bikin pusing. Pernah satu waktu saya jalan ke Gramedia, ternyata buku ini yang ditujukan untuk orang dewasa juga sudah ada. Anda bisa cari dan beli bukunya. Baca juga tulisan Mbak Trieand tentang mempermasalahkan hal-hal ngga penting ini.

NIKMATI SETIAP PROSESNYA DAN BUAT DIRI ANDA NYAMAN DISANA

Pernah kejebak macet ngga? Gimana rasanya, ngga enak yah! Kadang-kadang stress juga kalau jalanan macet. Apalagi kaya saya yang setiap hari kudu menempuh rute Sidoarjo – Surabaya pulang pergi. Lebih stress lagi karena perjalanan saya mesti di jam-jam padat alias rush hour. Dulu sih stress, sampai saya menemukan solusinya. Apa? Dengerin musik dan nyanyi di jalan. Hahaha…

Ya, sebelum berangkat atau pulang saya pasang headset earphone ke HP dan puter MP3 playernya. Musik mengalun perjalanan dimulai. Tentunya setelah berdoa dong, biar selamat di jalan. Baru lets start singing. Saya ngga peduli orang ngeliat saya aneh di jalan. Nyanyi-nyanyi ngga jelas. Cuek aja, toh ini membuat saya enjoy menikmati setiap detik yang saya lewatkan di jalan. Lucu juga melihat wajah-wajah kusut dan stress sementara saya enjoy bernyanyi. Dan ngga terasa ternyata udah sampai di rumah / di kampus.

Intinya apa? Cari hal-hal yang membuat Anda nyaman saat harus melakukan aktivitas yang berpotensi mendatangkan stress. Dengan demikian, Anda bisa menikmati setiap waktunya. Dan tahu-tahu, ternyata aktivitas itu sudah selesai.

TINGKATKAN NILAI SPIRITUAL ANDA DAN DEKATKAN DIRI PADANYA

Seberapa sering Anda curhat sama temen kalau ada masalah? Kenapa ngga coba curhat sama Allah. Bangun tengah malam, saat yang lainnya sedang asyik terlelap. Meneteskan air mata pun tidak dilarang manakala Anda merasa beban masalah itu terlalu berat. Ungkapkan semua masalah, berdirilah tunaikan shalat malam dan panjatkan semua doa Anda. Minta solusi atas masalah yang tengah dihadapi, insya Allah malaikat pun akan mengamini doa-doa kita.

Manusia belum tentu bisa membantu setiap masalah Anda, tapi Allah bisa. Karena sesungguhnya dia Maha Kuasa atas segala sesuatunya. Kuasanya meliputi seluruh apa yang ada di bumi, di langit dan di seluruh semesta ini.

Jangan berpikir “bagaimana bisa?” Tapi yakinlah bahwa jika Allah sudah berkehendak segala sesuatunya bukan mustahil terjadi. Makanya saya suka sekali dengan statement :

“Hanya mereka yang tidak percaya kepada Allah yang berkata SAYA TIDAK BISA”

Jangan dipertanyakan karena cara kerja Allah memang misterius. Yang penting lakukan saja tugas kita sebagai hamba yang baik. Berdoa dan berikhtiar segenap tenaga. Sama halnya dengan Mas Danang yang menuliskan mimpi-mimpinya tanpa mempertanyakan apakah bisa terwujud atau tidak. Just Do It.

“Tuliskan mimpimu dengan pensil dan berikan penghapusnya kepada Allah. Sekiranya dia tidak berkenan dengan yang kita tuliskan, izinkanlah Allah menghapus mimpi itu dan menggantinya dengan yang lebih baik.”

Entry filed under: Salon Kepribadian. Tags: .

Mengendalikan emosi dengan memegang jari Perawatan Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: