Membentuk Self Image Melalui Teknik CRAFT

April 25, 2011 at 7:28 pm Tinggalkan komentar

Sumber: HIPNOTIS.NET
Author :Yan Nurindra| views : 1,334 |Category:Chicken Soup For The Soul

Self Image atau “Citra Diri” menempati posisi penting dalam kehidupan kita. Self Image “menentukan” apa yang dapat kita capai dan apa yang tidak dapat kita capai. Oleh karena itu pembentukan Self Image yang memberdayakan mutlak diperlukan di tahap awal perjalanan menuju sukses.

Salah satu teknik untuk merubah atau membentuk Self Image, adalah teknik sederhana yang diperkenalkan oleh metode Psychocybernetics (Dr. Maxwell). Teknik ini disebut dengan CRAFT yang merupakan singkat dari Cancel – Replace – Affirm – Focus – Train.

Hal yang terpenting dari teknik ini adalah kita harus benar-benar meyakini bahwa Self Image yang dimaksud adalah benar-benar kita inginkan.

Berikut ini adalah detail dari setiap point teknik CRAFT :

Cancel

Lintasan pemikiran negatif atau yang bertentangan dengan tujuan kita, harus segera di-Cancel sesaat setelah kita menyadarinya. Cancel harus dilakukan dengan mengucapkan kata “cancel”, baik terucap atau dalam hati. Mungkin langkah ini awal mulanya terasa aneh dan “mengada-ada”, tetapi yakinlah bahwa jika hal ini dilakukan secara displin, akan bermakna bahwa awareness kita telah mengalami peningkatan dalam mendeteksi adanya lintasan pemikiran negatif. Pengucapan kata “cancel” juga dimaksudkan sebagai pembatalan pemrograman ke pikiran bawah sadar.

Replace

Lintasan pemikiran negatif yang telah di-”cancel”, segera dipertegas dengan melakukan pemrograman pikiran dengan cara mengucapkan kalimat yang berlawanan, atau kalimat yang sesuai dengan tujuan kita. Lakukan dengan fokus sejenak, karena yang kita program adalah pikiran bawah sadar.

Affirm

Pikiran bawah sadar adalah “mahluk” yang lebih mengenali image. Oleh karena itu kita dapat meng-edukasi pikiran bawah sadar ini secara lebih efektif dengan bantuan “afirmasi”. Dalam hal ini afirmasi yang dimaksud bukan hanya “kata-kata afirmasi”, tetapi juga dapat berupa gambar atau suara yang berkaitan dengan Self Image yang akan kita bentuk.

Focus

Sesekali kita sempatkan waktu untuk benar-benar memprogram pikiran bawah sadar. Self Hypnosis merupakan salah satu teknik yang efektif untuk keperluan ini.

Train

Sejak saat kita meniatkan untuk melakukan perubahan, maka sejak saat itu pulalah kita harus bersikap seakan-akan perubahan tersebut sudah terjadi, dengan lain kita harus bersikap seperti aktor yang tengah “acting” dalam peran Self Image yang baru. Acting ini menyangkut sikap tubuh (fisiologis), cara berbicara, cara berpikir, kondisi mental-emosional, dsb.

***

Teknik CRAFT merupakan lingkaran langkah yang harus dilakukan terus menerus sampai dengan Self Image ini terprogram secara permanen, dan benar-benar telah menjadi identitas baru dalam diri kita.

Secara umum waktu yang dibutuhkan untuk pembentukan sebuah Self Image adalah sekitar 4-6 minggu.

Reborn, The Life Revolution

Entry filed under: Psikologi. Tags: .

Tanpa Bintang (Anang feat Aurel) Tiket Kebahagiaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: