Musik sebagai Terapi

Mei 15, 2011 at 7:04 am Tinggalkan komentar


Sampai saat ini, ada bukti bahwa terapi musik dapat mengurangi tekanan darah tinggi, depresi, dan gangguan tidur. Pada pasien Alzheimer, terapi musik telah terbukti secara signifikan mengurangi kecemasan dan agresi. Meskipun tidak ada klaim bahwa terapi musik secara langsung dapat menyembuhkan penyakit seperti kanker, profesional medis percaya bahwa musik dapat mengurangi gejala tertentu, membantu penyembuhan, meningkatkan gerakan fisik, dan memperkaya kualitas hidup pasien secara keseluruhan. Terapi musik sering digunakan dalam kombinasi dengan meditasi dan visualisasi.

Dalam beberapa dekade terakhir, penelitian telah menemukan bahwa musik lambat dan tenang umumnya bermanfaat bagi kesehatan seseorang sedangkan musik cepat dan bergemuruh sebaliknya. Mendengarkan musik yang menenangkan meningkatkan fungsi kognitif, seperti memori, konsentrasi, dan kemampuan rasional, bahkan lebih baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, merilekskan ketegangan otot, mengatur hormon stres, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bila Anda belajar hal-hal baru, Anda memberikan latihan pada otak. Lalu, mengapa tidak memelajari instrumen baru? Penelitian telah menemukan bahwa mahasiswa yang mengambil pelajaran musik meningkat tingkat IQ-nya, bahkan menunjukkan peningkatan kemampuan nonmusikal. Juga, ketika Anda memainkan alat musik tiup, seperti saksofon, flute, terompet, trombone, klarinet—bahkan seruling—, Anda mendapatkan manfaat tambahan untuk meningkatkan kapasitas paru-paru.

Musik untuk semua umur. Ada semakin banyak bukti bahwa olahraga fisik dan mental secara teratur memaksimalkan kesehatan secara keseluruhan dan berfungsi pada manula. Sebab, manula yang tidak mampu latihan fisik, maka musik menjadi solusinya yang dapat memberikan manfaat signifikan, baik stimulasi mental maupun fisik bahkan pada manula yang rapuh. Baik bernyanyi dalam paduan suara atau mendengarkan rekaman musik, musik dapat berfungsi sebagai suatu seni penyembuhan yang efektif untuk manula.

Jika rumah atau kantor Anda secara konsisten dikuasai oleh suara mengganggu, seperti lalu lintas dan proyek konstruksi, pertimbangkan untuk menangkal kebisingan dengan sumber bunyi halus. Cobalah air mancur dengan gelembung air dalam ruangan untuk menenangkan saraf Anda. Bunyi genta lonceng angin yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti bambu atau kerang juga memberikan kedamaian. Carilah suara yang menenangkan hati Anda, lalu jadikan sebagai latar belakang hari-hari Anda.

Anda juga dapat menggunakan musik untuk menenangkan diri sebelum tidur. Tubuh kita berjalan pada ritme biologis dan fungsi terbaik dengan rutinitas yang konsisten, termasuk tidur, dan membentuk kebiasaan sehat sebelum tidur membantu Anda tidur lebih nyenyak. Bermain musik tenang satu jam sebelum tidur adalah salah satu cara untuk mendorong respons tidur otomatis. Beberapa teknik bermanfaat lainnya, termasuk menulis diary, meditasi, dan minum secangkir teh herbal.

sumber: Fitri Yulianti – Okezone

Entry filed under: Psikologi. Tags: .

modal untuk hidup sesuai kebahagiaan dan kebutuhan diri. Kemenangan Hati (Dirly feat Gea)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Mei 2011
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: