Beautiful Mind

Mei 17, 2011 at 2:48 pm Tinggalkan komentar

Oleh: Rahmadona Fitria

I love reading very much…coz selalu ada saja inspirasi yang tidak ada habis-habisnya bahkan ketika membaca buku yang sama berkali-kali. Subhanallah, pantas saja jika Allah Swt menjadikan perintah membaca sebagai aspek pertama yang disentuh oleh Islam: Iqra bismirabbikalladzi khalaq. Sehingga kemudian dengan perintah itu, Nabi Muhammad yang tadinya berprofesi sebagai seorang pengembala kambing tiba-tiba menjadi pemimpin umat manusia hanya dalam masa pembinaan 22 tahun 2 bulan 22 hari. (wow, subhanallah…ini info dari buku Model Manusia Muslim, Anis matta, Lc.)

Masih ada kaitannya dengan melatih kemampuan dan keterampilan berpikir, (masih menurut Anis Matta,Lc.) bahwa tingkatan kemampuan berpikir yang paling tinggi adalah mencipta/berinovasi/berkreasi. Untuk sampai pada tingkatan ini didahului dengan menyerap informasi, kemudian daya seleksi (disini kita menganalisa dan membuat analogi; mengait-ngaitkan) contohnya ketika kita membaca beberapa buku setelah itu mengait-ngaitkan informasi yang sama, menyusun dan mengklasifikasikan untuk membuat kesimpulan-kesimpulan sehingga kita sampai pada kemampuan menggambarkan, lalu menghasilkan sebuah tulisan baru yang berbeda, inilah daya cipta/inovasi/kreasi.

Semuanya berawal dari pemikiran, mengetahui kemampuan berpikir manusia itu memang mengagumkan. Apalagi kalau kita bisa melatih kemampuan berpikir dan memilki keterampilan berpikir yang sangat besar manfaatnya bagi keperluan ‘problem solving’. Bahkan menurut Anis Matta, Lc. dalam bukunya Model Manusia Muslim (kumpulan ceramah pengembangan diri), salah satu rahasia yang dapat menjadikan seseorang besar dalam satu bidang atau banyak bidang terletak pada kemampuan berpikirnya.

Keberhasilan dalam bidang tertentu atau menjadi seseorang yang multidimensi sekalipun kuncinya adalah kemampuan dan keterampilan berpikirnya. Seseorang memperoleh capaian apapun dalam kehidupannya diawali dari proses berpikirnya. Tidak ada sesuatu yang terjadi di luar yang seseorang pikirkan. Capaian keberhasilan seseorang didahului dengan adanya jejak pemetaan tentang kesuksean itu dalam pikirannya. Subhanallah, how amazing!!….

Maka untuk mendapatkan sebuah ‘habit’ atau ‘behavior’ yang positif perlu diawali dengan ‘beautiful mind’. Kita perlu memilah bahkan memutuskan pikiran apa saja yang bisa mempengaruhi diri dan mana yang tidak bisa mempengaruhi diri. Aku sangat terkesan dengan definisi intelegensi (kecerdasan) menurut Anis Matta, Lc. Dalam bukunya Model manusia Muslim. Intelegensi menurut beliau adalah kemampuan umum seseorang untuk menghadapi, menyelesaikan, dan melakukan sesuatu.

Dicontohkan oleh beliau seseorang yang berusaha mewujudkan impiannya menjadi seorang dokter namun gagal kemudian keadaan mengharuskan ia menjadi pedagang dan ia mampu melakukannya itulah yang disebut dengan kecerdasan. Mantaap yaa…kalau aku memaknainya sebagai sebuah kemampuan menyesuaikan diri. Seseorang yang cerdas adalah seseorang yang adaftif terhadap suatu situasi kemudian ia menciptakan alternatif solusi dari situasi yang dihadapinya.Siiip, kerennn…

Mari belajar melatih keterampilan berpikir dengan ‘beautiful mind’; berpikir positif atau berprasangka baik terhadap kemampuan diri maupun terhadap orang lain. Semoga keberhasilan dan kebahagiaan akan mengiringi langkah kita, amin ya Robb.

Entry filed under: Salon Kepribadian. Tags: .

Ukuran sebuah Nyali Manfaat Masker Untuk Kulit Berjerawat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Mei 2011
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: