Tips Perawatan Kulit Selama Kehamilan

Juni 24, 2011 at 9:22 am 1 komentar


(Sumber: klikdokter.com)

* Bersihkan kulit minimal 2-3 kali
Mandi sehari dua kali dan menyabuni tubuh dengan benar. Selain itu, karena ibu sering berkeringat, sebaiknya jangan malas berganti pakaian.

* Banyak konsumsi air putih
Sebaiknya ibu pun banyak mengkonsumsi air putih untuk mengganti keluarnya keringat dan agar kelembaban tubuh tetap terjaga.

* Ganti sabun mandi Anda dengan sabun cair.
Perubahan hormon sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Sebagian besar wanita merasakan kulitnya cenderung kering selama kehamilan. Penggunaan sabun mandi justru akan mendukung kondisi kulit menjadi semakin kering. Sebaiknya gunakan sabut cair yang sifatnya melembutkan kulit anda.

* Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.
Jangan lupa untuk memeriksa kandungan krim-krim perawatan wajah yang Anda gunakan. Bila perlu konsultasikan dengan dokter kandungan atau dokter kulit, karena tidak semua bahan yang dikandung produk perawatan wajah itu berbahaya. Bila kadarnya masih dalam batas yang bisa ditoleransi, masih bisa digunakan selama kehamilan. Yang pasti hindari kosmetik dan juga pelembab kulit yang mengandung bahan kortison, prednison, dan kortiko steroid, karena bahan-bahan tersebut dapat mengganggu perkembangan janin dan menimbulkan cacat bawaan pada bayi.

* Nyamankan kulit di sekitar perut
Bagian kulit yang paling ‘bekerja keras’ ketika Anda sedang hamil adalah kulit di sekitar perut. Bayangkan kulit itu harus meregang semaksimal mungkin, tergantung besar bayinya. Seringkali bagian tersebut akan terasa gatal. Untuk itu oleskan krim pelembap khusus agar bagian tersebut tetap terjaga keelastisannya.

* Pakailah pembersih wajah untuk ibu hamil
Tetaplah rawat kulit Anda seperti biasa. Pada dasarnya hampir semua produk pembersih wajah aman untuk wanita yang sedang hamil. Yang harus diwaspadai, adalah kandungan retinoic acid yang terlalu tinggi. Bila tidak mengandung kandungan tersebut, produk tersebut tetap bisa digunakan.

* Gunakan tabir surya setiap hari
Jangan lupa gunakan krim tabir surya, terutama bila Anda akan terpapar sinar matahari. Pastikan tabir surya tersebut terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk ibu hamil. Sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Gunakan tabir surya minimal 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Ulangi pemakaian tabir surya 3-4 jam sekali untuk mendapatkan proteksi yang optimal dari tabir surya.

* Berikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit
Ibu hamil tetap bisa membuat kulitnya terlihat segar dengan masker home made. Gunakan buah-buahan segar, yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Misalnya, untuk Anda yang berkulit kering, gunakan racikan masker dari buah alpukat yang dihancurkan. Sebaliknya untuk kulit yang cenderung berminyak, gunakan irisan buah lemon untuk mengurangi kilap pada permukaan kulit wajah.

Umumnya, kelainan kulit pada ibu hamil akan hilang seiring dengan tibanya masa kelahiran. Namun tidak ada salahnya agar Anda menjaga kesehatan dan kebersihan sedini mungkin demi lahirnya buah hati yang sehat pula.

Entry filed under: Tips Kecantikan & kesehatan. Tags: .

Memilih Kosmetik yang Aman saat Hamil Cantik Lahir Batin

1 Komentar Add your own

  • 1. Tiyang Atmojo  |  Desember 25, 2011 pukul 6:11 pm

    terima kasih tips dan kiat-kiatnya. Kita para Ibu memang harus pinter-pinter menjaga dan merawat tubuh apalagi dalam masa-masa kehamilan. banyak terjadi perubahan-perubahan yang terjadi dalam tubuhkita. Semoga bermanfaat. Salam

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juni 2011
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: