Archive for Oktober, 2011

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Profesional


Seorang wanita yang telah menikah dengan sendirinya akan memegang status ibu rumah tangga. Tapi walaupun demikian untuk bisa menjalaninya tentu butuh persiapan. Karena kualitas seorang ibu rumah tangga, sangat tergantung pada cara berpikirnya mengenai makna ibu rumah tangga itu sendiri. Di bawah ini adalah tips bagi anda yang bercita-cita menjadi ibu rumah tangga yang profesional:

1. Menikmati peran ibu rumah tangga.
Ini merupakan titian pertama, yang dapat mengantarkan ke gerbang kehidupan aman, tentram, damai, dan rileks tanpa dihinggapi stres ataupun beban ketika terjun menjalankan karier full time mother. Untuk menciptakan kadar profesional, menikmati peran “kerja” sangat diperlukan. Dimana dia mengetahui dengan jelas seluk beluk, tantangan dan reward jika menjalankan aktivitas tersebut.

2. Memiliki visi dan motivasi.
Menjadi ibu rumah tangga adalah profesi, sama halnya dengan pekerjaan di luar rumah. Karena butuh keahlian, pengetahuan dan ketrampilan dalam menjalankannya. Agar semuanya berjalan secara profesional tanpa ada perasaan malu, risih ataupun jengah, seorang ibu rumah tangga juga perlu memiliki visi dan motivasi yang jelas, tidak semata-mata dijalankan karena keterpaksaan. Visi adalah wawasan jauh ke depan yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Visi adalah sumber motivasi yang menggerakan hati untuk berbuat sesuatu. Dengan adanya visi dan motivasi tersebut, maka paradigma bahwa peran ibu rumah tangga adalah menjemukan akan hilang sedikit demi sedikit.

3. Mampu mengkolabarasikan Leadership dan friendship secara seimbang.
Leadership atau jiwa pemimpin juga diperlukan oleh ibu rumah tangga untuk dapat mengarahkan anggota keluarganya. Dia menempatkan diri agar dapat bermanfaat bagi anggota keluarganya serta mampu mengambil tindakan yang dirasakan perlu untuk kepentingan keluarga. Seorang ibu rumah tangga juga harus memiliki jiwa bersahabat (friendship). Di mana ia mampu menempatkan diri menjadi seorang sahabat yang penuh pengertian dengan tutur bahasa yang menyenangkan, tidak menghakimi jika mencium gelagat tidak baik dalam rumah tangganya sehingga timbul keakraban dan keterbukaan antar anggota keluarga. Mengembangkan forum diskusi dan komunikasi dua arah.

4. Memiiki management of time control.
Berbeda dengan pekerja kantoran yang selalu diatur waktu, maka seorang ibu rumah tangga punya hak untuk mengatur waktu kerjanya. Bos baginya adalah dirinya sendiri. Malas-rajin, lambat-cekatannya, tergantung bagaimana dia dapat memanajemen waktunya secara profesional. Memanfaatkan waktu secara optimal-efektif dan efisien- akan mendatangkan hasil optimal hingga menciptakan kepuasan yang tinggi bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan adanya kepuasan diri akan tumbuh rasa menikmati bahkan mencintai peran ibu rumah tangga.

5. Mampu bertindak sebagai corporate secretary
Dalam rumah tangga, seorang suami sangat membutuhkan sekretaris perusahaan (istri) sebagai tangan kanannya (orang yang dapat dipercaya). Untuk memenuhinya maka Seorang ibu rumah tangga harus memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang manajerial, berkomunikasi, interpersonal skill untuk mengagendakan rencana-renca rumah tangganya.

6. Pengelola keuangan yang cerdas
Hal ini dapat diketahui dari adanya buku neraca keuangan rumah tangga (berisikan pemasukan dan pengeluaran). Ini diperlukan untuk mengontrol keuangan dan mengupayakan adanya penghematan dalam megelola aset serta menyisakannya untuk tabungan masa depan.

7. Juru masak handal
“Cinta datang dari perut”, maksudnya sebuah cinta dapat muncul dari masakan yang disuapkan ke mulut hingga perut merasa kenyang terisi. Seorang ibu rumah tangga yang dapat menyajikan masakan lezat bagi keluarga tentu akan memberikan kenangan tersendiri di lidah, dan rindu untuk selalu pulang ke rumah karena ingin mencicipinya kembali.

8. Pendidik yang terdidik
“Ibu adalah sekolah yang pertama bagi anak-anak”. Dengan ilmu pengetahuannya, seorang ibu rumah tangga akan tahu bagaimana mendidik anak (memberikan ilmu dan hal-hal yang dibutuhkan anak), sehingga kelak mampu mengantar anak pada gerbang kesuksesan.

9. Mampu mengaktualisasikan diri
Dengan adanya aktualisasi diri, diharapkan seorang ibu rumah tangga tidak merasa terkukung pada rutinitas. Aktualisasi dapat berupa menyalurkan hobi, melakukan pekerjaan yang disenangi, atau memiliki waktu pribadi, dengan tanpa megabaikan peran utamanya sebagai ibu rumah tangga.

Sumber: Ibu RT Profesional (Lizsa Anggraeny)

Iklan

Oktober 29, 2011 at 8:04 pm 3 komentar

Semua Orang Pernah Membuat Kesalahan


Sumber: Bisnis UKM
1. Henry Ford Lupa menempatkan gigi persneling mundur pada mobil pertamanya.

2. Thomas Edison pernah menghabiskan biaya lebih dari $2 juta dolar atas penemuannya yang terbukti tidak berguna.

3. Hall of Famer Regie Jackson lebih banyak memukul dibandingkan dengan semua orang dalam sejarah permainannya, lebih dari 2.500 kali.

4. “Itu adalah olahraga yang menyenangkan. Tetapi bagi militer, pesawat terbang tidak berguna.” -Ferdinand Foch, kepala komandan, pasukan sekutu di front barat, Perang Dunia I.

5. Televisi tidak akan pernah meraih popularitas; TV ditempatkan di tempat yang agak gelap dan menuntut perhatian yang terus-menerus.” -Chester L. Dawes, Profesor Universitas Havard, 1940.

6. “Kami tidak memberitahu Anda bagaimana cara memimpin, maka jangan beritahu kami bagaimana caranya membuat sepatu.” – kata sebuah perusahaan sepatu besar kepada Bill Bowerman, penemu sepatu “waffle” dan rekan pendiri Nike, Inc.

7. “‘Telepon’ ini memliki terlalu banyak keterbatasan untuk secara serius dianggap sebagai sebuah sarana komunikasi. Kehadiran alat ini tidak dianggap banyak berarti bagi kami.” – memo Western Union dalam menanggapi telepon Alexander Graham Bell, 1876.

Kesalahan tidak semuanya buruk. Kesalahan-kesalahan itu memberikan dasar pengalaman kepada kita dan biasanya kita justru lebih cepat mempelajari sebuah pelajaran dari kesalahan daripada oranglain yang memberikan saran kepada kita.

Dan kesalahan terbesar yang pernah kita lakukan adalah tidak belajar dari kesalahan kita di masa lalu.

Oktober 22, 2011 at 2:38 pm Tinggalkan komentar

Motivasi Menghadapi Kegagalan


Sumber: Bisnis UKM
Selalu berpikiran positif tentang kegagalan. Hadapi kegagalan dengan pikiran yang positif, jangan pernah menyalahkan orang lain atas kegagalan yang Anda alami. Agar Anda dapat melaluinya dengan mencari solusi yang tepat pula, tanpa adanya penyesalan panjang yang akan menghambat kesuksesan di depan Anda.

Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran bagi Anda. Adanya kegagalan memberikan kesempatan bagi Anda untuk belajar, untuk itu jangan pernah hindari kegagalan. Karena secara tidak langsung Anda akan mencari tahu penyebab kegagalan tersebut dan berusaha mencari solusi serta menghindari hal – hal yang dapat menyebabkan kegagalan tersebut terulang lagi. Sehingga Anda mengetahui jalan mana yang salah dan cara apa yang benar.

Kegagalan bukan akhir dari segalanya, karena kegagalan hanya bersifat sementara. Satu kali, dua kali, bahkan sepuluh kali gagal bukan merupakan akhir dari hidup Anda. Kegagalan hanya bersifat sementara dan dapat selesai jika Anda mau merubahnya. Anggap kegagalan ibarat orang yang jatuh dari sepeda, orang tersebut tidak akan merasakan sakit yang lama jika dia segera bangkit dan mencari obat luka, begitu juga dengan kegagalan. Seseorang tidak akan terlalu lama merasakan gagal jika orang tersebut segera bangkit dari kegagalan dan mencari jalan keluarnya.

Berusaha bangkit dengan motivasi baru. Jangan terlena dengan penyesalan Anda, segeralah bangkit dari kegagalan. Kumpulkan kembali motivasi diri Anda, dan yakinkan diri Anda bahwa jika ada kegagalan pasti akan ada keberhasilan di depan sana. Keputusannya ada di tangan Anda, apakah Anda akan terus berjalan menjemput keberhasilan itu atau hanya akan berdiam terus meratapi kegagalan yang ada. Sebenarnya orang yang gagal adalah orang yang tidak mau berusaha keluar dari lubang kegagalan.

Kegagalan bukan hal yang perlu ditakuti, karena orang yang takut gagal adalah orang yang jauh dari kesuksesannya. Teruslah bangkit untuk mencoba dan belajar dari kegagalan yang Anda alami, jangan pernah menyerah oleh keadaan yang hanya sementara. Benar kata orang bijak, bahwa kegagalan hanyalah sukses yang tertunda. So, jangan terlalu lama menunda kesuksesan Anda. Salam sukses.

Oktober 22, 2011 at 2:25 pm Tinggalkan komentar

Terapi untuk Kebahagiaan & Menikmati Hidup


Setiap orang tentu ingin hidupnya bahagia dan kebahagiaan itu relatif tergantung pada penilaian masing-masing orang. Ada yang menganggap kebahagiaan kalau bisa menikah dengan pasangan yang dicintai, ada yang menganggap kekayaan sebagai kebahagiaan sehingga segala sesuatu bisa diselesaikan dengan uang, ada yang menganggap prestasi, karir, jabatan, atau kepopuleran sebagai kebahagiaan dalam hidup. Tapi kalau menurutku kebahagiaan hidup itu lebih ditentukan oleh keseimbangan antara tubuh,pikiran, dan jiwa.

Tubuh, pikiran, dan jiwa akan sangat mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Pada umumnya kita beranggapan kebahagiaan adalah kondisi dimana kita terbebas dari masalah yang dihadapi.Padahal dalam kehidupan ini dipenuhi dengan masalah, selesai masalah yang satu akan dihadapkan lagi dengan masalah lainnya untuk diselesaikan. Nah, disini saya akan berbagi bagaimana menjaga keseimbangan tubuh, pikiran, dan jiwa kita sehingga tetap merasa bahagia dalam kondisi apapun. kalaupun kita sedang sedih kita tetap berada dalam kondisi yang stabil dan seimbang.Masalah seberat apapun tidak sampai mempengaruhi emosi dan melumpuhkan kemampuan kita untuk tetap optimis dan menikmati hidup.

Caranya adalah dengan relaksasi pernafasan sambil mendengarkan musik. Musik disini bukan sembarang musik, tetapi musik yang mengandung unsur terapi. Musik yang mengandung unsur terapi adalah musik yang di dalamnya terdapat unsur gelombang otak. Dalam dunia kesehatan terapi ini sudah banyak digunakan dan dirasakan manfaatnya. Gelombang otak alpha akan membantu kita untuk menyeimbangkan kondisi tubuh, pikiran, dan jiwa agar tetap stabil.Bagi keperluan terapi depresi, trauma, dan fobia terapi inipun sangat membantu kesembuhan. Jadi, be happy nikmati hidupmu sekarang juga.


Salam bahagia,

Rahmadona Fitria
(Konsultan Mitra Solusi Banjarbaru)

Bagi yang ingin berkonsultasi dan terapi di wilayah Kal-sel, silahkan datang ke kantor Mitra Solusi
Setiap Hari Kerja Senin – Jumat (DENGAN PERJANJIAN).

Tempat & Alamat :
Rumah Kantor Mitrasolusi
Jl.A.Yani KM.31 Komplek Surya Indah I No.C-5 Banjarbaru
Phone . 0511-7371616, 4777708
Mobile . 0815 215 77400

Oktober 18, 2011 at 7:25 am 1 komentar

Tips Sukses Presentasi TA

Menjelang hari-hari ujian pendadaran…agak deg degan sih, tapi insyaAllah sudah menyiapkan diri dalam hal penguasaan materi. Mengingat lagi saat presentasi TA waktu dulu sekolah desain, PD abis padahal gak begitu menguasai materi.Moga-moga besok juga bisa presentasi dengan baik, amiin.

Berikut tips suksesnya yang saya dapat di internet (Sumber: andreasandre.net), moga bisa membantu temen-temen yg juga akan menghadapi ujian pendadaran:

1 berdoa sebelum ujian
Berdoa adalah hal yang penting. Tentunya kita berdoa menurut agama dan kepercayaan kita masing-masing lho. Berdoa akan menambah percaya diri untuk menghadapi ujian pendadaran.

2 pastikan mempelajari materi yang diujikan
Tiap tugas akhir/ skripsi memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Untuk menghadapi ujian pendadaran tentunya kita harus mempelajari materi yang kita bawakan. Jangan sampai kita tidak bisa menjawab pertanyaan karena kita kurang matang dalam mempelajari materi yang kita bawa.

3 mempersiapkan powerpoint yang menarik
Powerpoint adalah salah satu hal penting. Kita harus mempersiapkan powerpoint yang singkat dan tidak bertele-tele. Kalau bisa, yang ditampilkan dalam powerpoint adalah hal-hal yang penting-penting saja, baik itu berupa point atau gambar. Jangan menampilkan hal-hal yang tidak perlu ada di dalam powerpoint, karena nantinya powerpoint yang tidak jelas akan menimbulkan pertanyaan bagi dosen penguji.

4 mempersiapkan list yang pertanyaaan
Di sini maksudnya kita membuat list pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan oleh dosen penguji. Tentunya dengan jawabannya sekalian. Siapa tau pertanyaan yang kita pikirkan benar-benar akan keluar pada saat ujian. Hal ini agar kita lancar dalam menjawab pertanyaan yang nantinya akan diberikan.

“Tidak ada skripsi yang gampang, semua pasti butuh perjuangan untuk menyelesaikannya.”

Semoga bermanfaat

Oktober 16, 2011 at 5:08 pm 1 komentar

Cara Melatih Otak Tetap Rileks

(sumber: http://www.GelombangOtak.com)

Manusia hidup di zaman modern ini banyak mengalami stres dan kecemasan. Persaingan hidup yang semakin mengerikan menuntut semua orang memutar otak untuk mampu bersaing. Otak selalu terisi dengan masalah dan urusan pekerjaan. Akibatnya otak secara langsung dominan pada fase gelombang Beta sepanjang hari. Apa akibatnya jika otak selalu dominan pada fase gelombang Beta ini? Otak akan terasa selalu tertekan dan tidak bisa rileks.

Sebenarnya kita tetap bisa rileks dengan tetap beraktifitas dan bekerja sepanjang hari. Otak menjadi rileks saat otak pada fase gelombang Theta.

Jadi, dalam rangka meningkatkan hidup Anda, sehat secara fisik, powerful sepanjang hari dalam menghadapi aktifitas, serta mengendalikan emosi, Anda bisa memanfaatkan kedua jenis gelombang ini. Bayangkan, hari Anda sedang bebas stress dan penuh dengan pikiran bahagia. Bayangkan, diri Anda menyelesaikan segala macam tugas lebih cepat, mudah dan kreatif.

Gelombang alfa otak diproduksi otak ketika Anda mengantuk, jatuh tertidur dan ketika Anda bangun. bagaimana perasaan Anda pada saat itu? Tentunya perasaan yang bebas dari tekanan. Kondisi inilah yang Anda perlukan untuk mengimbangi Gelombang Otak (Brainwave) Anda yang dominan pada fase Beta karena aktifitas dan pekerjaan yang Anda hadapi sepanjang hari.

Anda dapat menggunakan saat-saat otak pada kondisi Alpha untuk meningkatkan aktivitas yang akan Anda hadapi pepanjang hari. Pada saat kita di hadapkan pada tugas sepanjang hari yang perlu waktu ekstra, kebanyakan dari kita memasang alarm yang membuat tiba-tiba untuk bangun.

Sebaliknya, Anda dapat menggunakan suara yang lambat (misalnya musik klasik atau suara Gelombang Otak (Brainwave)/brainwave) dengan volume suara yang perlahan semakin meningkat atau semakin keras secara bertahap. Ketika Anda bangun, Anda tidak harus segera memulai menekan pikiran Anda untuk memulai aktifitas. Sebaliknya, cobalah untuk bawa pikiran merasa senang dan terhibur. Hal ini bisa Anda lakukan dengan berbaring atau duduk selama beberapa waktu sebelum melompat dari tempat tidur. Juga, ketika Anda menjelang tidur di malam hari berpikirlah positif dan kurangi tekanan dan segala macam faktor yang mengganggu.

Mungkin cara termudah dan paling efektif untuk memproduksi gelombang Alpha adalah dengan Terapi Gelombang Otak (Brainwave). Pilih gelombang yang berbasis gelombang Alpha dan dengarkan pada saat istirahat kerja, menjelang tidur dan saat-saat Anda memerlukan perasaan rileks. Dalam sebagian besar kasus gelombang Alpha otak lebih disukai untuk menghasilkan perasaan rileks, namun Anda juga bisa memilih terapi Gelombang Otak (Brainwave) yang menggunakan gelombang Alpha. gelombang ini akan menghasilkan efek yang lebih dalam lagi, Anda akan tertidur dengan mimpi yang positif dan relaksasi yang mendalam.

Anda dapat menggunakan Terapi Gelombang Otak (Brainwave) Alpha untuk menghasilkan pola Gelombang Otak (Brainwave) Alpha dalam segala macam situasi stres sepanjang hari. Cara terbaik untuk mengurangi stres secara efektif adalah sebelum memulai hari kerja dan setelah menjalani kerja sepanjang hari. Anda juga dapat menggunakan terapi ini untuk berkonsentrasi selama bekerja pada tugas-tugas penting. Terapi ini juga merupakan ide yang baik untuk mendengarkannya sebelum pertemuan penting dan presentasi – hal ini akan membawa komunikasi tentang lebih efektif dan santai. Lingkungan rumah juga bisa sangat stres sehingga Anda dengan mudah dapat mendengarkan terapi ini saat melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring atau bersih-bersih. Aktifitas rumah Anda akan Anda jalani dengan perasaan tenang dan bahagia. Anda juga sangat memerlukan terapi ini ketika Anda belum berhasil mendapatkan cukup tidur, sehingga Anda dapat bekerja lebih efektif sepanjang hari.

Ketika masuk dalam keadaan tenang dan kreatif dengan metode yang sederhana, mudah dan cepat.
perasaan apa yang Anda rasakan?

Oktober 15, 2011 at 2:31 pm Tinggalkan komentar

Curhatku

Studi oh studi…2 tahun ini umur tergadai untuk menyelesaikan sesuatu yang tertunda. sesuatu banget lah pokoknya^_^ haaahh, kangen keluarga; suami dan anak-anak,kangen suasana rumah, kangen bisnis yang sementara off. Ya robbi, hanya dengan kekuatan dariMu saja yang mampu membuatku bertahan sampai saat ini…

Kalau ditanya adek-adek tingkat angkatan tahun berapa dan kujawab, mereka semua senyum-senyum gak percaya…hahaha tobat lah rasanya, cukup sudah merasakan status sebagai anak kuliahan dengan kondisi sudah berumah tangga. Bukan apa-apa sih, aku tuh gak bisa jauh dan pencinta keluarga, hehe..kompensasi yaa,,

Setelah menikah bertubi-tubi tersadarkan tentang beginilah kenyataan hidup yang sebenarnya, bahwa hidup gak selalu mulus, gak selalu sesuai dengan harapan, banyak masalah yang mesti dihadapi dan diselesaikan..huuuff terlalu lama menghindari tantangan dan berada di zona aman bikin hidupku saat ini benar-benar terasa habis-habisan berjuang dari satu masalah ke masalah lainnya.

Gak ada selesai selesainya, selesai satu urusan belum juga bisa bernafas lega sudah dihadapkan dengan urusan dan masalah yang lainnya. ya Allah, berikan hamba kekuatan. Tapi keadaan seperti ini membuatku belajar bahwa dengan menghadapinya akan mengantarkan kita pada penyelesaian.

Dan sekarang aku sedang berjuang melewati tahap demi tahap penyelesaian studiku, ada harapan untuk berkumpul lagi dengan keluarga menunggu di depanku, menjalankan lagi bisnisku…semua bayangan itu membuatku bersemangat lagi, mengisi kembali energi untuk jiwaku…Bismillah, mampukan dan mudahkan mengakhiri urusan ini ya Robb, amiiin….

Oktober 15, 2011 at 7:17 am 2 komentar

Pos-pos Lebih Lama


Kalender

Oktober 2011
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Posts by Month

Posts by Category