Mengatasi stretch marks pada Saat Kehamilan

Maret 22, 2012 at 6:09 am Tinggalkan komentar

Apa sih stretch marks itu?

Stretch marks sebenarnya bisa dibilang bekas luka pada kulit yang menghasilkan kulit yang agak kasar dengan sedikit semburat kasar dan warnanya agak sedikit lebih tua dari kulit kita sendiri. Hal ini disebabkan oleh terjadinya perobekkan dermis atau lapisan kulit dan seiring dengan waktu bekas luka tersebut bisa tersamarkan tapi tidak dapat menghilang seluruhnya.

Penyebab dari timbulnya stretch marks itu sendiri sebenarnya karena terjadinya peregangan pada kulit yang terjadi pada waktu yang sangat pendek. Bisa disebabkan oleh pertumbuhan atau penambahan berat, dalam hal ini karena pertumbuhan bayi dalam rahim sehingga rahimpun merengang untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi. Biasanya stretch marks baru muncul pada bulan ke 6 atau 7 kehamilan (atau trimester ketiga) dimana kulit kita lagi melar-melarnya.

Kalau kita rajin dari awal kehamilan sampai akhir memakai krim atau ramuan tersebut, banyak kok Mommies yang berhasil lolos dari jeratan stretch marks, atau paling nggak lulus dengan sedikit stretch marks🙂

Tapi ingat yah! Harus disiplin. Dan dimulai dari semakin dini semakin baik.

Krim yang mengandung Vitamin E bisa membantu mencegah timbulnya stretch mark. Cocoa butter juga disebut sebagai salah satu ingredient yang dikenal sangat moisturizing, oleh karena itu banyak juga ibu hamil yang mencari krim yang mengandung kandungan tersebut.

Krim ini dipakai di daerah yang sedang/akan melar, seperti perut, paha, lengan dan pantat – tapi mungkin lebih baik lagi kalau dipakai dilebih banyak tempat. The more the merrier🙂 Kulit yang lembab akan meminimalisir timbulnya stretch marks pada saat terjadi peregangan.

Pantangan yang paling penting adalah jangan digaruk! Pasti tergoda banget deh untuk menggaruk kulit kita selama hamil karena terasa sangat gatal, yang kemungkinan besar disebabkan oleh keringnya kulit yang sedang melar dan semakin digaruk katanya akan semakin ‘terluka’ kulit kita dan menyebabkan stretch mark yang makin banyak.

Untuk body butter sendiri sebenernya sudah sangat moisturizing jadi cukup membantu kelembapan kulit kita.

Ada juga malah yang memakai minyak zaitun untuk mencegah datangnya stretch marks.

Entry filed under: Tips Kecantikan & kesehatan. Tags: .

Body lotion, body cream, atau body butter? KIAT MENJAGA KESEHATAN KULIT SELAMA KEHAMILAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2012
S S R K J S M
« Nov   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: