Manfaat Terapi Uap

April 5, 2012 at 1:13 pm Tinggalkan komentar

TERAPI uap (steam therapy) telah lama dikenal dalam sistem pengobatan tradisional untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan serta kecantikan. Terapi uap ini bisa dilakukan di rumah atau bahkan di klinik dokter hingga salon kecantikan dan dinyatakan efektif untuk mengatasi berbagai kondisi termasuk depresi ringan, kelelahan kronis, ketergantunagan nikotin, hipertensi, rasa sakit kronis, gangguan pernafasan, dan penyakit kardiovaskular. Tidak hanya berdasarkan testimoni semata, terapi uap ini juga dinyatakan efektif berdasarkan studi ilmiah. Berikut beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan terapi uap.

1. Sinusitis

Sebuah studi terbaru dari Southampton University menemukan, sebuah handuk dan sebaskom air panas beruap lebih efektif mengatasi sinusitis dibandingkan obat. Dalam studi ini, 300 pasien yang biasa menggunakan antibiotik untuk mengatasi gejala-gejala diminta menghirup uap. Hasil studi menemukan, uap panas efektif melonggarkan saluran pernafasan sehingga memperbaiki pernafasan dan aliran mucus.

Sebelumnya, The American Academy of Allergy, Asthma and Immunology (AAAAI) dan the American College of Allergy, Asthma and Immunology telah merekomendasikan mandi uap bagi penderita sinusitis. Mandi uap dinyatakan efektif membuat pasien sinusitis merasa jauh lebih nyaman.

2. Tidur nyenyak

Terapi uap terbukti efektif membuat orang tidur lebih mudah dan meningkatkan durasi siklus REM (tahapan tidur dimana sebagian besar mimpi yang bisa diingat terjadi). Para dokter biasanya menganjurkan penggunaan uap sebagai pengganti obat tidur.

3. Relaksasi

Terapi uap dinyatakan efektif meredakan kecemasan. Dengan meredakan kecemasan, maka segala gangguan yang berkaitan seperti stres juga akan ikut menurun. Uap akan membuat Anda relaks. Hasil studi menunjukkan, mereka yang menikmati terapi uap selama 10-15 menit merasa lebih nyaman dan relaks.

4. Flu biasa

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Otolaryngology menemukan, menghirup uap efektif meredakan gejala-gejala flu dan memperlancar saluran pernafasan. Bahkan sebelum studi dilakukan, terapi uap telah lama digunakan untuk meredakan gejala-gejala flu. Terapi uap untuk flu juga dikenal dengan sebutan fisioterapi nebulizer dan sangat pas jika dilakukan untuk penderita asma.

5. Detoksifikasi

Panas akan mempercepat proses kimia di dalam tubuh. Dan terapi uap merupakan salah satu pilihan yang paling mudah dan sederhana untuk mengeluarkan racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh. Saat pori-pori terbuka dan jutaan kelenjar keringat mulai mengeluarkan keringat, maka tubuh juga akan mengeluarkan sampah-sampah sisa metabolisme.

6. Memperlancar aliran darah

Terapi uap berfungsi memperlancar aliran darah. Hal ini sekaligus akan memperlanncar suplai nutrisi ke seluruh tubuh. Selama proses mandi uap, aliran darah ke kulit meningkat dari 5-10% menjadi 50-70%. Peningkatan aliran darah ini sekaligus membawa nutrisi penting ke kulit dan jaringan, menstimulasi aktivitas selular dan pertumbuhan sel-sel.

(Sumber: http://www.mediaindonesia.com)

Entry filed under: Relaksasi & Aromaterapi. Tags: .

KIAT MENJAGA KESEHATAN KULIT SELAMA KEHAMILAN Tips Spa di Rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: