Aromaterapi

November 13, 2012 at 7:56 am Tinggalkan komentar

Perpaduan uap panas dan aromaterapi spa berguna bagi terapi jiwa dan raga.

Spa adalah singkatan dari Solus Per Aqua ( Bahasa Spanyol ) artinya penyembuhan dengan air. Penyembuhan ini telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Kini spa pun dilakukan dengan memberi aroma-aroma yang memberi efek menenangkan di dalam air. Kini spa tidak hanya bisa dilakukan dengan berendam di air. Untuk sehari-hari, dengan memakai produk Spa seperti lulur, body butter, body lotion, aromatic salt dengan aroma yang berefek terapi spa juga dapat dilakukan dirumah tanpa harus ke salon.

Istilah aromaterapi pertama kali muncul pada tahun 1920. Umumnya, aromaterapi menggunakan minyak yang merupakan konsentrat cairan dari tumbuh-tumbuhan yang diperoleh melalui berbagai cara, diantaranya penyulingan. Minyak yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan itu kemudian digunakan untuk penyembuhan dan terapi (jiwa & raga).

Istilah aromaterapi diberikan pada terapi menggunakan aroma sebagai medianya. Aromaterapi termasuk dalam terapi herbal, dengan menggunakan bahan dari tanaman yaitu yang dikenal dengan minyak atsiri (essential oil) yang terkandung dalam bahan dari tanaman tersebut. Terapinya dikenal sebagai terapi komplementer (terapi tambahan) yang dilakukan disamping terapi konvensional.

Berbagai wewangian dapat menjadi terapi bahkan pengobatan. Fungsi atau kegunaan dari aromaterapi dengan minyak essensial itu jika dihirup dapat menyembuhkan berbagai penyakit, meningkatkan kekebalan tubuh alami baik jasmani maupun rohani. Aroma terapi dapat mengurangi stres, menenangkan pikiran dan membangkitkan semangat dan gairah. Bahkan ada yang dipercaya dapat membersihkan racun dalam tubuh.

Untuk menghasilkan wewangian yang bermanfaat dari aroma therapy tidak sulit. Kini ada berbagai macam minyak essensial yang digunakan sebagai aromaterapi; berupa garam, sabun mandi, lilin, massage oil,dsb. Kemudian Anda bisa menententukan aroma apa yang cocok dengan suasana hati dan kondisi tubuh anda.

Aromaterapi merupakan cara praktis untuk merawat kesehatan, kesegaran, serta kecantikan. Perpaduan uap panas dengan aromaterapi spa dapat melemaskan otot-otot yang menegang. Tidak hanya berdasarkan testimoni semata, terapi uap ini juga dinyatakan efektif berdasarkan studi ilmiah.Anda akan mendapatkan rasa kenyamanan dalam jiwa setelah mencium aromaterapi.menghirup uapnya dapat menimbulkan rangsangan reseptor penciuman yang sangat kaya terhadap saraf. Melalui saraf aroma tersebut dikirim ke otak, tepatnya ke sistem limbik (hipotalamus dan hipofisis). Sistem ini merupakan pusat emosi, kreativitas, memori, suasana hati (mood) dan seksualitas, serta merupakan ‘master glands’ yang mengatur fungsi seluruh hormon yang ada pada tubuh kita.

Penelitian terbaru menunjukkan aroma terapi telah dikenal berabad-abad: “penciuman kita memiliki dampak langsung pada perasaan kita.” Seperti indera umum lainnya, hal-hal yang kita cium ditransmisikan secara langsung ke otak. Penelitian telah membuktikan bahwa aroma lavender langkah-langkah ke gelombang alfa di belakang kepala, yang diasosiasikan dengan relaksasi. Itu berarti menggunakan lavender yang akan membantu Anda untuk bersantai. Di sisi lain, aroma melati meningkatkan gelombang beta di bagian depan kepala, yang telah ditemukan untuk membuat Anda merasa lebih waspada.

Jadi bila pikiran sedang stres, anda dapat melakukan relaksasi tersebut dengan aromaterapi di rumah.

Entry filed under: Relaksasi & Aromaterapi. Tags: .

Cara Tepat Kelola Rasa Cemburu Jalan Kaki Untuk Relaksasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2012
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: