Jalan Kaki Untuk Relaksasi

November 27, 2012 at 8:47 am Tinggalkan komentar

Selain mengatasi masalah berat badan, jalan kaki sesuai program yang disusun para ahli jalan kaki ini bisa mengurangi stress, serta membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.

Berjalan di pagi hari berpengaruh baik terhadap kesehatan anda. Penelitian menunjukkan, berjalan pagi secara teratur mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi dan dapat mencegah penurunan daya ingat serta membantu membukakan pintu inspirasi.

Yang paling mengesankan, berjalan secara teratur juga dapat mengurangi tingkat stress, memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan energy vital tubuh serta membuat gerak lutut menjadi lebih lentur hingga mudah beradaptasi dengan jadwal aktivitas yang padat. Karena itu tak salah jika berjalan sangat dianjurkan sebagai solusi untuk menjaga kesehatan.

Jalan Kaki Untuk Relaksasi

Jika dilakukan secara teratur, jalan cepat di pagi hari juga dapat mengurangi stress yang anda alami. Berjalan bahkan bisa menyamai yoga, meditasi, dan tai chi dalam menyeimbangkan pikiran, begitu menurut Danny Dreyer, seorang pelari marathon dan pencipta program ChiRunning and Chiwalking yang telah berpengalaman mengajarkan teknik berjalan sebagai relaksasi untuk mengurangi stress fisik maupun pikiran.

Thom Hartmann, psikoterapis dari Amerika Serikat menjelaskan gerakan langkah kaki yang berulang-ulang mengkondisikan gelombang otak kita untuk masuk ke tahap alfa, kondisi yang membuat kita bisa merasa tenang dan nyaman. Karena pada tahap ini, selain memproduksi hormone endorphin, otak juga sangat terbuka terhadap segala macam informasi yang diterima oleh panca indera.

Beberapa tips berjalan kaki dari Danny Dreyer berikut ini dapat membantu anda menemukan manfaat jalan kaki sebagai meditasi untuk menghilangkan stress yang anda alami. Bisa dilakukan sebelum beraktivitas, sepulang kerja atau kapan saja anda memiliki waktu senggang.

Mencari tempat yang tenang, pilihlah suatu tempat yang sejuk untuk berjalan. Misalnya, daerah atau lokasi yang sepi dari lalu lintas kendaraan. Jika sekaligus ingin mendapatkan manfaat rekreasi atau refleksi, lakukan di tempat terbuka seperti pantai, jalanan berkerikil atau taman yang berumput dengan telanjang kaki.

Kerjakan dengan nyaman, langkahkan kaki anda senyaman mungkin, pendek-pendek saja dan jangan tergesa-gesa, rasakan setiap sensasi yang terjadi pada tubuh, seperti tarikan napas, detak jantung, bahkan aliran darah tanpa berpikir, agar irama langkah kita dapat mengikuti dengan sendirinya.

Menghirup udara segar, sambil berjalan, konsentrasikan diri pada stress dan ketegangan yang anda rasakan. Lalu ambil napas dalam dan setiap kali menghembuskan napas, bayangkan bagian-bagian tubuh yang terasa tegang mulai relaks. Lakukan mulai dari kepala, leher hingga kedua bahu, lengan, dada, perut, betis, paha dan kaki. Ulangi latihan ini.

Ambil waktu istirahat, setelah merasa cukup, setidaknya setiap 15 menit, istirahatlah dan jika masih ada waktu, coba ulangi sekali lagi

sumber: sweetspearls.com

Entry filed under: Relaksasi & Aromaterapi. Tags: .

Aromaterapi Seni Merawat Pernikahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2012
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: