Kembali Rileks dengan Pijat Aromaterapi

Mei 29, 2012 at 5:42 am Tinggalkan komentar


Setelah lelah bekerja seharian penuh, pantas rasanya jika Anda ingin melepas lelah dengan berbagai macam cara. Selain tidur sebagai cara yang ampuh untuk melepas lelah, ternyata pijat pun juga bisa menjadi alternatif cara untuk merilekskan serta menyegarkan kembali tubuh Anda, dan mendapatkan stamina untuk dapat kembali bekerja besok.
Salah satu terapi pijat yang harus Anda coba adalah pijat aromaterapi. Terapi pijat ini menggunakan bahan-bahan dari alam yang dapat memberikan sensasi tenang pada pikiran Anda. Minyak esensial aromaterapi sendiri sudah berasal dari alam dan dikenal sejak ribuan tahun yang lalu.

Pijat aromaterapi memiliki dua fungsi, yaitu fungsi fisik dan psikologis. Fungsi fisik melalui pijat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen ke otak, sehingga kulit tubuh dan wajah akan kelihatan segar dan tidak terlihat lesu.

Selain itu, jalan pernapasan juga bisa menjadi lebih lancar, postur tubuh bisa menjadi lebih baik, tubuh terasa segar dan merilekskan otot-otot yang tegang karena pekerjaan yang tidak sedikit. Sedangkan fungsi secara psikologis, pijat aromaterapi bisa membantu menenangkan tubuh, menghilangkan stres dan membuat pikiran kembali segar untuk mengeluarkan ide-ide brilian yang baru.

Wangi dari minyak esensial aromaterapi juga mampu mengembalikan kesegaran pikiran dan menstabilkan emosi jiwa. Pijat aromaterapi terfokus kepada efek pemijatan dan harumnya aromaterapi yang dikeluarkannya.
Aroma tersebut ditangkap reseptor yang ada di hidung, kemudian melanjutkannya ke otak yang mengontrol emosi dan memori. Aroma yang dihirup tadi masuk ke dalam hipotalamus yang mengatur sistem internal tubuh (seperti seksualitas, suhu tubuh dan reaksi terhadap stres). Inilah yang membuat Anda rileks ketika dilakukan pemijatan aromaterapi.

Ada bermacam-macam wangi aromaterapi yang biasa digunakan, seperti lavender yang berguna untuk menyembuhkan depresi dan nyeri pada kepala. Rosemary sebagai stimulan (pembangkit mood) serta menghilangkan nyeri otot dan kepala. Kemudian ada pepermint yang dapat mengatasi mual dan kelelahan mental. Rose juga bisa berfungsi sebagai antidepresan. Rempah-rempah seperti cengkeh, sereh, dan jahe juga mampu melancarkan sirkulasi darah. Sandalwood dan jasmine dapat menenangkan dan membuat nyaman.

Saat ini di Indonesia sudah banyak salon-salon kecantikan yang memberikan penawaran pijat tradisional dan spa. Sekali-kali Anda bisa berkunjung untuk melakukan relaksasi dengan pijat aromaterapi, memang harganya cukup menguras kantong yakni sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 600 ribu tergantung perawatan dan salon tempat Anda melakukan pemijatan.

Tapi, tidak menutup kemungkinan Anda bisa melakukannya dirumah dengan membeli minyak esensial aromaterapi yang banyak di jual di toko-toko yang menjual perlengkapan spa.

Sumber: AROMATHERAPHY

Entry filed under: Relaksasi & Aromaterapi. Tags: .

Aromaterapi untuk Mengatasi Insomnia Relaksasi & Sehat dengan Aromaterapi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Mei 2012
S S R K J S M
« Apr   Okt »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: